oleh

4 Hal yang Perlu Anak Tahu Tentang Angpau Lebaran

PortalMadura.Com – Momen Lebaran menjadi hari yang menyenangkan dn angpau menjadi salah satu hal yang ditunggu anak-anak. Namun terkadang, angpau lebaran digunakan untuk hal-hal yang kurang bermanfaat oleh anak. Oleh karena itu, sebagai orang tua harus bisa memberikan pengertian kepada anak untuk menggunakan uang itu kepada hal yang baik dan bermanfaat.

Sebenarnya angpau lebaran tidak harus uang, bisa berupa baju, buku atau peralatan sekolah yang bisa memberikan nilai penting dan lebih bermanfaat. Selain itu, juga berikan penjelasan kepada anak tentang angpau lebaran dengan beberapa cara ini. Penasaran?

Ini dia ulasannya:

Mendapatkan Uang Tidak Mudah
Sebelum si kecil tahu nilai uang yang anda berikan, ajarkan dan beri pengertian bagaimana Anda memperoleh uang tersebut. Mulailah dengan cara menceritakan pekerjaan anda. Dengan menjelaskan hal itu, mereka akan tahu dan mengerti bahwa untuk memperoleh uang tidaklah mudah.

Apa yang Dia Inginkan
Saat menjelang Lebaran, tanyakan pada si kecil apa keinginannya. Dan beri pemahaman untuk mendapatkan benda yang dia inginkan dan perlu menabung. Dengan menyimpan uang angpaunya, maka ia dapat membeli barang yang dia inginkan.

Baca Juga: 5 Hal Ini Paling Dirindukan Anak Rantau Jelang Libur Lebaran

Mengajarkan Menabung
Ajarkan pada si kecil untuk menyisihkan uang angpau yang didapat. Setelah membeli barang yang dia inginkan, ingatkan untuk menyisihkan sebagian untuk ditabung. Jika dia belum memiliki rekening sendiri, Anda dapat membelikan satu buah celengan untuk menyimpan uang angpaunya.

Ajarkan untuk Berbagi
Dia sudah tahu bahwa uang yang dia terima saat Lebaran didapat dengan cara yang tidak mudah. Berikan pengertian makna penting tentang berbagi. Si kecil akan lebih mudah mencontoh perbuatan daripada kata-kata. Jadi, mengapa Anda tidak memberikan contoh yang baik itu.

Nah, demikian manfaat penting lainnya dari angpau lebaran. Dan yang terpenting lebaran bukan ajang untuk bermewah-mewahan tapi untuk bersyukur. Selamat menunggu lebaran.

Komentar