4 Hal yang Wajib Diperhatikan Sebelum Naik Motor

Avatar of PortalMadura.com
4 Hal yang Wajib Diperhatikan Sebelum Naik Motor
ilustrasi

PortalMadura.Com – Menjaga keselamatan saat berkendara di jalan raya tentu menjadi hal yang sangat diprioritaskan. Seperti memerhatikan kondisi sepeda motor sebelum dikendarai, kemampuan pengendara, dan faktor lainnya.

Maka dari itu, ada beberapa hal sederhana yang wajib diperhatikan pengendara kendaraan roda dua sebelum berkendara di jalan raya, seperti dilansir liputan6.com yang mengutip dari Federal Oil. Apa saja?.

Berikut ini empat hal yang wajib diperhatikan pengendara roda dua sebelum naik motor:

Cek Sepeda Motor

Pemilik kendaraan sebaiknya rutin melakukan pengecekan terhadap motornya sebelum berkendara. Mulai dari tekanan angin ban, kelistrikan dan pengereman. Hal ini memang perlu dilakukan untuk memastikan motor yang akan digunakan dalam kondisi baik dan tidak ada kerusakan ketika dipakai di jalan.

Gunakan Helm

Kewajiban memakai helm saat berkendara bukan tanpa alasan. Hal ini berkaitan dengan kecelakaan yang mungkin saja terjadi saat berkendara. Maka pengendara harus selalu menggunakan helm dengan baik dan benar. Gunakan helm yang memenuhi Standar Nasional Indonesia (SNI), ukuran pas, dan nyaman dipakai.

Baca Juga: Hijabers, Ini 5 Cara Tetap Cantik dan Aman Saat Naik Motor

Pakai Perlengkapan Berkendara

Perlengkapan safety riding sebenarnya bukan hanya helm, tapi seperti jaket, sarung tangan, sepatu, dan celana panjang juga tidak boleh Anda lupakan untuk dipakai.

Patuhi Aturan Lalu Lintas

Pastikan saat berkendara tidak melanggar lalu lintas. Untuk itu sebelum naik motor, pengendara harus tegas kepada diri sendiri. Jangan sampai karena alasan terburu-buru, pengendara melanggar peraturan lalu lintas. Sebab, hal itu berkaitan erat dengan terjadinya kecelakaan yang merugikan diri sendiri dan orang lain.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.