oleh

4 Jenis Vitamin yang Bisa Bantu Anda Dapatkan Kulit Mulus, Penasaran?

PortalMadura.Com – Mayoritas wanita mendambakan memiliki kulit mulus tanpa noda dan kerutan, apalagi jerawat. Pasalnya, punya kulit yang sehat bisa menunjang penampilan, bahkan bisa membuat wajah lebih terlihat muda dari usia yang sebenarnya.

Biasanya, untuk mendapatkan kulit impian seperti itu, banyak orang yang hanya fokus investasi pada skincare yang harganya cukup pricey, misalnya: serum, pelembap khusus untuk mencerahkan kulit dan anti-aging, sampai sabun pembersih wajah.

Namun dermatolog menyarankan, vitamin dan suplemen juga bisa memberikan efek yang sama untuk kulit. Karena, kandungan nutrisi dan mineral dari vitamin mampu membuat kulit lebih sehat dan tetap seimbang dari dalam.

Selain itu, ada beberapa vitamin yang dapat membantu meredakan jerawat, kemerahan pada wajah atau masalah-masalah kulit yang lain. Sebab, masalah kulit seperti jerawat bisa saja bukan disebabkan oleh kulit yang kotor, tapi karena ketidakseimbangan hormon atau ketidakmampuan tubuh mengolah racun di dalam tubuh.

Perlu Anda ketahui, memang perawatan kulit tidak hanya cukup dari luar saja. Bantuan dari dalam dengan asupan vitamin juga diperlukan, untuk mencapai kulit sehat dan bening seperti yang Anda impikan.

Berikut ini empat vitamin yang sudah direkomendasikan dermatolog untuk melengkapi ritual skincare rutin Anda:

Selenium
Sering bermasalah dengan jerawat?. Coba vitamin yang memiliki kandungan selenium. Selenium adalah mineral yang mengandung sifat anti oksidan, sangat baik untuk mencegah peradangan jerawat.

Seorang ahli estetika, Jessica Gremley mengatakan “Sedikit saja selenium dan vitamin E sudah terbukti dapat memperbaiki jerawat, terutama bagi yang memiliki enzim gluthatione baseline rendah”.

Selain itu juga menurut penelitian, selenium bisa berfungsi untuk mengurangi peradangan pada jerawat, eksim dan psoriasis.

Zinc (Zat Besi)
Menjelang datang tamu bulanan bagi sebagian perempuan itu momen menyebalkan, karena pengaruh hormon yang menimbulkan beberapa jerawat di area wajah atau bagian tubuh lainnya.

Jika memiliki masalah serupa, dermatolog merekomendasikan suplemen zinc untuk melawan jerawat yang disebabkan oleh hormon. “Zinc memiliki sifat anti-inflamasi yang terbukti mampu menenangkan jerawat,” kata Josh Zeichner, MD. Disamping itu, manfaat lainnya dapat membantu regenerasi kulit dan memperbaiki kulit bekas jerawat.

Vitamin A
Membersihkan wajah kurang maksimal menjadi salah satu pemicu jerawat. Karena sel kulit mati, kotoran dan minyak menyebabkan pori-pori tersumbat. Untuk mengatasi jerawat ini, coba konsumsi vitamin A yang berfungsi untuk mencegah menumpuknya sel kulit mati dan bekerja untuk mengurangi kemerahan juga pembengkakkan jerawat.

Gremley juga menambahkan, kalau vitamin A memiliki anti-oksidan, anti radang dan menenangkan jerawat.

Minyak Ikan
Kulit bebas jerawat namun terlihat kusam, ini juga menyebalkan. Kulit kusam kadang membuat Anda menjadi tidak percaya diri. Untuk mengatasinya, coba konsumsi suplemen minyak ikan yang mengandung omega-3 yang bermanfaat untuk membantu memperbaiki tekstur kulit dan meningkatkan produksi kolagen.

“Asam lemak omega-3 dari minyak ikan memiliki banyak khasiat untuk kulit, khususnya dapat membantu kulit kusam menjadi lebih cerah,” menurut dermatolog Brooke Alpert.

Adapun manfaat lain dari minyak ikan untuk kulit, di antaranya memperlambat kerutan pada wajah, bahkan membuat kulit halus dan lembut. (liputan6.com/Salimah)


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.