4 Kejadian Besar di Hari Jumat yang Perlu Umat Islam Ketahui

  • Bagikan
4 Kejadian Besar di Hari Jumat yang Perlu Umat Islam Ketahui
Ilustrasi (Tribun Jabar)

PortalMadura.Com – Hari yang istimewa bagi umat Islam yaitu Jumat. Banyak keberkahan didalamnya. Bahkan, malaikat-malaikat bersalawat dan berdoa kepada Allah SWT untuk umat Islam.

Selain itu, ada banyak peristiwa besar yang terjadi hari Jumat. Apa saja? Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman okezone.com, berikut ini penjelasannya:

Diciptakannya Nabi Adam Alahissallam

Nabi Adam Alaihissallam adalah manusia pertama yang diciptakan Allah SWT di bumi. Rasullullah SAW bersabda: “Hari terbaik terbitnya matahari adalah hari Jumat, hari penciptaan Nabi Adam, hari masuk dan keluar surga Nabi Adam, dan hari kiamat tidak akan terjadi kecuali hari Jumat.” (HR Muslim)

Kemudian dalam riwayat hadis lainnya juga disebutkan: “Pada hari itu (hari Jumat) bapak kalian semua (Nabi Adam Alaihissallam) masuk surga. Dan pada hari itu ia keluar dari surga.” (HR Imam At thabrani)

Semua makhluk diciptakan, langit, bumi, surga, dan neraka menjadi sempurna

Imam Ibnu kasir dalam tafsirnya menjelaskan: “Dan pada hari itulah semua makhluk menjadi sempurna yaitu hari keenam di mana Allah menciptakan langit dan bumi di dalamnya. Hari keenam adalah hari Jumat, karena kalender Islam memulai menghitung hari dari hari Minggu, bukan dari hari Senin seperti kalender masehi.”

Selain itu dalam riwayat hadis lainnya juga disebutkan, Rasulullah SAW bersabda: “Dalam tujuh hari, ada satu hari yang Allah memilihnya dari hari-hari keseluruhannya. Pada hari Jumat Allah menciptakan langit dan bumi, di hari itu juga Allah menyelesaikan ciptaan-Nya, dan di hari itu juga Allah menciptakan surga dan neraka.” (HR Abu Syaikh)

Hari Penyempurna Ajaran Islam

Pada hari Jumat, Allah SWT telah menyempurnakan Islam sebagai agama yang sempurna hingga akhir zaman. Serta turunnya Surah Al Maidah Ayat 3, dan terakhir diturunkannya Rasulullah SAW.

Allah Subhanahu wa ta’ala berfirman: “Diharamkan bagimu (memakan) bangkai, darah, daging babi, (daging hewan) yang disembelih atas nama selain Allah, yang tercekik, yang terpukul, yang jatuh, yang ditanduk, dan diterkam binatang buas, kecuali yang sempat kamu menyembelihnya, dan (diharamkan bagimu) yang disembelih untuk berhala. Dan (diharamkan juga) mengundi nasib dengan anak panah, (mengundi nasib dengan anak panah itu) adalah kefasikan. Pada hari ini orang-orang kafir telah putus asa untuk (mengalahkan) agamamu, sebab itu janganlah kamu takut kepada mereka dan takutlah kepada-Ku. Pada hari ini telah Kusempurnakan untuk kamu agamamu, dan telah Ku-cukupkan kepadamu nikmat-Ku, dan telah Ku-ridhai Islam itu jadi agama bagimu. Maka barang siapa terpaksa karena kelaparan tanpa sengaja berbuat dosa, sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS Al Maidah: 3)

Hari Terjadinya Kiamat

Allah SAW telah menentukan hari kiamat yakni terjadi pada Jumat. Sebagaimana firman-Nya: “Manusia bertanya kepadamu tentang hari berbangkit. Katakanlah: ‘Sesungguhnya pengetahuan tentang hari berbangkit itu hanya di sisi Allah.’ Dan tahukah kamu (hai Muhammad), boleh jadi hari berbangkit itu sudah dekat waktunya.” (QS Al Ahzab: 63)

Ayat ini dengan jelas menerangkan kapan terjadinya kiamat hanya Allah SWT yang tahu. Akan tetapi, Allah SWT juga yang memberi tahu bahwa kiamat akan terjadi pada hari Jumat melalui Rasul-Nya.

Rasullullah SAW bersabda: “Kiamat tidak akan terjadi, kecuali hari Jumat.” (HR Imam Ahmad, Muslim dan At Thirmidzi)

Wallahu a’lam bishawab.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.