4 Khasiat Menakjubkan Mi Shirataki yang Jarang Diketahui

Avatar of PortalMadura.com
4 Khasiat Menakjubkan Mi Shirataki yang Jarang Diketahui
Ilustrasi (Sabigaju)

PortalMadura.Com – Sudah pernah mendengar mi shirataki?. Mi yang sedang tren sekarang ini bentuknya seperti bihun dan yang jelas bukan sembarang mi. Karena, kandungannya berbeda dari yang lainnya.

Banyak orang bilang kalau mi shirataki ini sebagai makanan penyelamat untuk menurunkan berat badan dan menjaga kadar gula darah. Untuk mempelajari lebih jauh soal jenis mi yang satu ini, langsung saja simak penjelasan berikut:

Apa itu Mi Shirataki?
Mi shirataki berwarna putih cenderung bening, dan sering juga disebut mi konjak. Mi shirataki ini terbuat dari glucomannan, sejenis serat yang berasal dari akar tanaman konjak. Tanaman konjak tumbuh di Jepang, Tiongkok, dan beberapa wilayah Asia Tenggara.

Beda dari mi biasanya yang mengandung banyak karbohidrat, mi shirataki mengandung karbohidrat yang lebih sedikit. Karbohidrat yang ada dalam mi shirataki didominasi oleh serat bukan hanya pati atau zat tepung. Oleh karena itu, mi shirataki sangat rendah kalori.

Selain serat glucomannan, biasanya mi ini dicampur dengan air dan sedikit kapur agar mi dapat terbentuk sempurna. Ketiga campuran bahan ini kemudian direbus, lalu dibentuk memanjang tipis khas mi, atau ada juga yang dibentuk seperti nasi.

Mi shirataki mengandung banyak sekali air. Bahkan 97 persen adalah air, sekitar 3 persen glucomannan, dan kapur sangat sedikit.

Di pasaran, ada juga mi shirataki yang sudah dikreasikan, namanya mi shirataki tahu. Mi shirataki tahu ini mengandung jumlah karbohidrat yang lebih banyak dibandingkan shirataki aslinya.

Penelitian menunjukan bahwa serat glucomannan yang ada di dalam mi shirataki dapat membantu menurunkan kadar gula darah dan menurunkan risiko terjadinya resistensi insulin.

Sebab, serat glucomannan dapat menunda pengosongan perut sehingga gula darah dan kadar insulin yang masuk ke aliran darah akan meningkat dengan lambat, sedikit demi sedikit. Tidak terjadi lonjakan tiba-tiba.

Bahkan dari sejak beberapa tahun lalu ditemukan dalam penelitian bahwa orang dengan diabetes tipe 2 yang mengonsumsi serat glukomanan selama 3 minggu mengalami penurunan fruktosamin yang signifikan. Fruktosamin adalah penanda atau indikator gula darah selama 2-3 minggu terakhir.

Membantu Menurunkan Berat Badan
Mi shirataki adalah penurun berat badan yang ajaib. Serat glucomannan dalam shirataki benar-benar membantu menunda pengosongan perut. Anda jadi merasa kenyang lebih lama dan akhirnya makan dalam jumlah yang lebih sedikit serta memperlambat gerakan usus besar.

Sebenarnya belum ada penelitian khusus soal mi shirataki, tapi penelitian soal kandungan serat glucomannan yang ada dalam shirataki sudah cukup banyak dilakukan.

Penelitian menemukan bahwa mengonsumsi serat glucomannan selama 4 minggu dapat membantu menurunkan hormon lapar di dalam tubuh yakni ghrelin. Dengan menurunnya hormon lapar, alhasil tubuh lebih bisa menahan diri untuk makan.

Penelitian lain dalam jurnal Alternative Therapies in Health and Medicine juga menemukan bahwa orang yang makan serat glucomannan secara teratur selama 4-8 minggu bisa menurunkan berat badan sebanyak 1,4-2,5 kg.

Membantu Menurunkan Kolesterol
Serat pada dasarnya memiliki efek menurunkan jumlah kolesterol yang beredar di dalam aliran darah. Termasuk, serat glucomannan yang ada dalam mi shirataki.

Para peneliti dalam jurnal American College of Nutrition melaporkan bahwa glucomannan dapat meningkatkan jumlah kolesterol yang dikeluarkan melalui feses. Itu artinya, lebih banyak kolesterol dari aliran darah yang bisa dikeluarkan melalui feses oleh serat ini. Dengan banyaknya serat yang dikeluarkan, maka semakin rendah kadar kolesterol dalam darah.

Penelitian lain dalam The American Journal of Clinical Nutrition menunjukan bahwa glucomannan dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) sampai 16 mg/dL dan trigliserida hingga 11 mg/dL. Maka dari itu, makan mi shirataki dianggap sebagai salah satu strategi mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh.

Mencegah Sembelit
Manfaat mi shirataki kali ini tidak perlu diragukan lagi, sebab kandungan seratnya memang cukup tinggi. Serat glucomannan mengandung polisakarida yang bisa membantu usus bekerja lebih baik.

Glucomanan bisa merangsang pertumbuhan bakteri baik di usus. Dengan begitu, ada lebih banyak aktivitas bakteri baik di usus. Pergerakan usus pun jadi semakin lancar sampai ke pembuangan feses. Bahkan, pemberian serat glucomannan diketahui dapat membantu mengatasi sembelit parah pada anak.

Aman untuk Para Diabetesi
Penelitian menunjukan bahwa serat glucomannan yang ada di dalam mi shirataki dapat membantu menurunkan kadar gula darah dan menurunkan risiko terjadinya resistensi insulin.

Sebab, serat glucomannan dapat menunda pengosongan perut sehingga gula darah dan kadar insulin yang masuk ke aliran darah akan meningkat dengan lambat, sedikit demi sedikit. Tidak terjadi lonjakan tiba-tiba.

Baca Juga : PSU Pilpres di TPS 6 Madupat Sampang Minim Partisipasi Pemilih

Bahkan, dari sejak beberapa tahun lalu ditemukan dalam penelitian bahwa orang dengan diabetes tipe 2 yang mengonsumsi serat glukomanan selama 3 minggu mengalami penurunan fruktosamin yang signifikan. Fruktosamin adalah penanda atau indikator gula darah selama 2-3 minggu terakhir.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.