oleh

4 Macam Aplikasi yang Bisa Bikin Baterai Smartphone Cepat Berkurang

PortalMadura.Com – Smartphone merupakan salah satu alat komunikasi yang banyak dimiliki oleh setiap orang. Dengan perangkat ini, bisa memudahkan Anda dalam kehidupan sehari-hari. Seperti halnya, berbelanja online dari memesan pakaian, ojek online sampai memesan delivery makanan, itu semua hanya dengan menggunakan sesekali akses.

Smartphone kini sudah seperti menjadi kebutuhan pokok tersendiri bagi manusia. Sampai ada yang tidak bisa hidup tanpa smartphone. Pemakaian smartphone yang berlebihan akan mengakibatkan baterai smartphone akan cepat berkurang.

Bukan hanya penggunaan smartphone berlebihan yang mengakibatkan baterai cepat berkurang. Ternyata, penggunaan aplikasi yang banyak dan berat sekaligus juga bisa menguras baterai smartphone.

Nah, ini 4 jenis aplikasi yang akan menyebabkan baterai smartphone Anda cepat berkurang. Dilansir Merdeka.com yang mengutip dari ChargeItSpot. Anda penasaran aplikasi apa saja itu?.

Media Sosial (Facebook, Snapchat, Twitter)

Tidak perlu heran jika jejaring sosial merupakan salah satu pembuangan terbesar baterai smartphone Anda. Salah satunya aplikasi facebook. Facebook secara konsisten menempati peringkat tertinggi dalam laporan penggunaan baterai Android dan iPhone.

Mengapa facebook bisa mengakibatkan menguras baterai paling banyak?. Karena facebook membutuhkan akses banyak pengguna data dan bahkan terus menerus meminta izin untuk mengakses segala hal dari kontak ke lokasi Anda.

Hal itu belum terhitung waktu akses Anda yang kemungkinan juga tinggi karena adanya kebutuhan bersosialisasi secara digital di dunia maya.

Baca Juga : 5 Cara Supaya Baterai Smartphone Lebih Awet

Messenger (Whatsapp, Line, Skype)

Aplikasi selanjutnya yang menguras baterai dengan banyak yaitu aplikasi perpesanan atau yang sering disebut messenger. Contohnya seperti, Whatsapp, WeChat, Skype, dan Line.

Aplikasi tersebut terus-menerus membangunkan smartphone Anda dari keadaan tidak aktif ketika ada pesan yang masuk. Bahkan aplikasi tersebut masih bekerja di latar belakang, sehingga membuat baterai cepat mudah terkuras.

Streaming (Youtube, Netflix, Spotify)

Banyak diantara Anda mengisi waktu luang dengan menonton streaming film maupun musik, karena hal itu sangat menyenangkan. Perlu Anda Ketahui, di balik hal yang menyenangkan menonton streaming mengakibatkan baterai habis dengan cepat.

Menggunakan data seluler atau WiFi membuat layar smartphone Anda terus menyala dan itu dalam jangka waktu yang lumayan lama. Selain itu, pemutaran video juga menggunakan prosesor pada smartphone, chip grafis, dan software yang akan membebani baterai smartphone Anda.

Navigasi (Google Maps, Waze)

Aplikasi selanjutnya yaitu aplikasi yang masih bergantungan dengan sistem navigasi yang menggunakan GPS, seperti Google Maps. Google Maps merupakan salah satu aplikasi terburuk dalam hal konsumsi baterai.

Mengapa demikian?. Karena google maps pastinya membutuhkan chip GPS dan data seluler untuk diaktifkan selalu. Sehingga dapat mengunduh peta dan informasi lalu lintas terkini. Menonaktifkan lokasi dan GPS saat tidak dibutuhkan bisa menjadi solusi untuk menghemat baterai smartphone.

Rewriter : Azizah
Sumber : Merdeka.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar