4 Macam Penyakit Pada Masa Lalu yang Konon Akibat Ilmu Sihir

4 Macam Penyakit Pada Masa Lalu yang Konon Akibat Ilmu Sihir
ilustrasi
    Bagikan:

PortalMadura.Com – Berbagai macam penyakit sebenarnya memiliki penyebab yang bisa dijelaskan secara ilmiah pada masa kini karena berbagai hal. Akan tetapi pada zaman dahulu, penyakit itu sering disebut karena sihir yang terjadi.

Bahkan pada masa lalu, turunnya penyakit tersebut sering dipersalahkan kepada beberapa orang yang dituduh sebagai penyihir yang menghadirkan sihir itu. Hasilnya, beberapa orang ditangkap dan dibunuh karena dituduh sebagai penyihir yang bertanggung jawab atas lahirnya sejumlah penyakit. Pada beberapa kebudayaan, hadirnya penyakit di masyarakat tersebut sendiri sering disebut sebagai perbuatan setan atau dewa.

Nah, berikut ini empat macam penyakit yang disebut disebabkan oleh penyihir dan ilmu hitam:

Epilepsi
Epilepsi merupakan kondisi neurologikal yang menyebabkan kejang karena terganggunya aktivitas di otak. Saat ini, penyakit tersebut diperkirakan telah menjangkit sebanyak 65 juta orang di seluruh dunia.

Ketika terjadi serangan, seseorang dapat menjadi pingsan atau tidak sadar serta kejang-kejang. Gejala kejang dan tidak sadar tersebut membuat seseorang kesulitan dalam menguasai dirinya, sehingga pada masa lalu penyakit ini sering disebut disebabkan karena ilmu sihir.

Baca Juga:  Bermanfaat Bagi Kesehatan, Sorgum Tumbuh Subur di Bekas Keraton Batuputih

Gangguan Jiwa
Masalah gangguan kejiwaan seperti schizophrenia serta gangguan identitas disasosiatif seringkali dapat menyebabkan perubahan kepribadian dan emosional bagi seseorang. Hal ini yang membuat penyakit ini sering disebut disebabkan oleh ilmu sihir.

Pada masa lalu orang-orang sering melakukan eksorsis kepada orang dengan gangguan kejiwaan karena mereka kesurupan roh jahat. Bahkan, praktik seperti ini juga masih berjalan hingga sekarang terhadap hubungan antara gangguan mental ini dengan ilmu sihir atau roh jahat.

Keracunan Jamur Ergot
Konsumsi makanan yang mengandung jamur tertentu seperti ergot dapat menyebabkan munculnya penyakit. Salah satu gejala dari keracunan ini serupa dengan epilepsi atau gangguan kejiwaan yang muncul pada orang-orang yang mengonsumsinya.

Gejala lain yang muncul adalah otot menegang, muntah-muntah, halusinasi, serta efek merasakan sensasi aneh di kulit. Segala gejala yang dialami karena keracunan jamur ini pernah dikaitkan dengan serangan sihir dan ilmu hitam kepada seseorang.

Baca Juga:  Bermanfaat Bagi Kesehatan, Sorgum Tumbuh Subur di Bekas Keraton Batuputih

Encephalitis Lethargica
Penyakit ini menyebabkan seseorang membatu serta beberapa orang bahkan tidak mampu untuk terbangun dari kasur. Penyebab dari penyakit ini pada masa lalu juga tidak diketahui sehingga ilmu sihir serta ilmu hitam disebut sebagai biang keladinya.

Tanda-tanda dari penyakit ini adalah demam tinggi, kepala pusing, pandangan berkunang-kunang, respons mental dan fisik yang terlambat, serta lambat berpikir. Lebih lanjut, penyakit ini bahkan dapat menyebabkan orang yang menderitanya menjadi koma bahkan hingga meninggal.

Seiring kemajuan ilmu kedokteran, empat penyakit tersebut sudah tidak dianggap lagi karena ilmu sihir. Kendati demikian, pada beberapa penyakit masih sering dianggap terjadi karena pengaruh setan atau ilmu hitam. (merdeka.com/Salimah)


Ikuti Berita Kami Lainya di Google Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.