Bunda, Ini 4 Hal yang Perlu Anda Perhatikan Saat Bayi Mulai Belajar Makan Sendiri

Avatar of PortalMadura.com
Bunda, Ini 4 Hal yang Perlu Anda Perhatikan Saat Bayi Mulai Belajar Makan Sendiri
ilustrasi

PortalMadura.Com – Saat seorang bayi sudah waktunya mengeksplor kemampuannya untuk mulai makan dengan tangannya sendiri, maka orang tua tidak perlu menghalanginya. Pada usia tertentu selain memberi ASI pada bayi, ibu juga harus memberi selingan makanan yang lembut untuk sang bayi.

Apalagi giginya belum tumbuh dengan sempurna dan masih berupa gusi. Perhatikan pula apa makanan yang dikonsumsinya karena tentu saja makanan bagi bayi yang baru belajar makan berbeda dengan bayi atau anak yang sudah bisa makan sendiri.

Tampaknya, jika si bayi mulai belajar makan sendiri untuk pertama kalinya menggunakan tangan, ibu harus memerhatikan hal-hal kecil yang boleh dan tidak boleh diberikan pada bayi.

Berikut empat hal yang perlu ibu perhatikan saat bayi mulai belajar makan sendiri:

Beri Potongan Kecil
Potongan kecil-kecil kue, buah-buahan, atau biskuit bayi yang disajikan bisa memudahkan bayi mengunyahnya. Selain itu, genggaman tangan bayi juga masih kecil, ini tentu membuatnya bisa belajar perlahan untuk menggenggam makanannya dan tidak menyebabkan bayi tersedak.

Hindari Makanan yang Lengket
Jangan sekalipun beri bayi makanan yang sifatnya lengket. Selai-selaian, karamel, dan krim bisa membuat mulutnya menempel dan lengket.

Alih-alih terkesan sepele, tapi hal ini bisa memperparah masalah saluran pernapasan anak Anda, seperti tersedak. Belum lagi orang tua juga repot membersihkan kotoran yang lengket di sekitar tubuh si bayi dan peralatannya.

Beri Makanan yang Takarannya Sesuai
Makanan bayi sangat berbeda dari makanan orang dewasa. Entah terlalu tinggi garam atau gula, tapi itu terkait dengan lambung bayi yang masih sensitif. Untuk itu, berilah makanan yang takarannya pas.

Jangan Membiarkannya Makan Sendiri
Karena masih bayi dan baru mulai makan sendiri, seringkali mereka tidak mengerti benda apa yang akan masuk ke mulutnya. Contohnya, bisa saja bayi mengambil mainan atau bola kecil yang bisa berbahaya hingga menyebabkan kematian.

Orang tua sebaiknya mencegah benda berbahaya di sekitar bayi, dan perhatikan makanan yang si kecil konsumsi. Bisa saja makanan itu rasanya pedas, keras, asam, dan terlalu manis. (okezone.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.