4 Makanan Sehat yang Bisa Sebabkan Batu Ginjal

Avatar of PortalMadura.Com
4 Makanan Sehat yang Bisa Sebabkan Batu Ginjal
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Penyakit atau nefrolitiasis merupakan suatu kondisi ketika material keras yang menyerupai batu terbentuk di dalam ginjal. Material tersebut berasal dari sisa zat-zat limbah di dalam darah yang disaring oleh ginjal yang kemudian mengendap dan mengkristal seiring waktu.

Tahukah Anda, makanan dan minuman tertentu ternyata mengandung bahan-bahan yang dapat menyebabkan kristal di dalam organ ginjal dan terkadang menyakitkan. Beberapa bahkan makanan yang menyehatkan dan penuh nutrisi.

Berdasarkan data yang dihimpun oleh Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2013, sekitar 1% masyarakat Indonesia ternyata menderita penyakit batu ginjal. Tidak hanya itu, ternyata di Amerika kasus ini juga terjadi. Sebanyak 12% masyarakat Negeri Paman Sam mengalami penyakit batu ginjal.

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa sekali Anda terkena batu ginjal, ada kemungkinan 50% penyakit batu ginjal akan kembali menyerang Anda. Biasanya dalam jangka waktu 10 tahun.

Oleh sebab itu, ada baiknya Anda menghindari konsumsi yang berlebihan dari beberapa makanan dan minuman berikut ini:

Teh Hitam
Teh hitam tergolong minuman yang bisa membantu menjaga kesegaran tubuh dan mencegah kanker. Namun, konsumsi teh hitam dalam jumlah besar dan lama meyebabkan pembentukan batu ginjal.

Menurut dr. Theresia Rina Yunita, sebanyak 80% batu ginjal terbentuk dari kalsium oksalat yang banyak ditemukan pada teh hitam, sehingga dapat memicu seseorang terkena batu ginjal.

Makanan Tinggi Oksalat
Makanan seperti bayam, ubi, bit, kacang kedelai, tempe, dan tahu sebenarnya merupakan makanan yang sehat untuk dikonsumsi. Meski demikian, apabila dikonsumsi secara berlebihan, deretan makanan tinggi oksalat tersebut dapat memicu Anda terkena penyakit batu ginjal.

Untuk berjaga-jaga, cokelat dan kopi juga mengandung zat oksalat, jadi konsumsi kedua jenis makanan ini juga harus dibatasi.

Daging
Daging juga merupakan salah satu bahan makanan yang kaya protein. Tapi, terlalu banyak mengonsumsi daging ternyata dapat membuat urine Anda menjadi asam. Kondisi ini kemudian dapat memudahkan terjadinya batu ginjal jenis asam urat.

Tidak ada larangan untuk mengonsumsi daging yang juga mengandung protein hewani yang baik bagi tubuh. Namun, asupan daging juga perlu dibatasi.

Telur
Menurut dr. Sarah Elise Wijono, berbagai produk protein hewani, seperti telur, dapat memicu pembentukan batu ginjal jika dikonsumsi secara berlebihan. Sebab protein hewani umumnya akan dipecah menjadi purin dan hasil akhir dari proses metabolismenya yaitu asam urat.

Kadar asam urat yang tinggi dalam urine tersebut dapat membentuk batu asam urat di dalam organ ginjal.

Beberapa jenis makanan di atas memang baik dikonsumsi untuk menunjang kesehatan, termasuk daging, telur, dan kacang kedelai. Namun, jika dikonsumsi secara berlebihan, deretan makanan di atas dapat berubah menjadi pemicu batu ginjal. Untuk mencegah terkena batu ginjal, Anda disarankan untuk memperbanyak minum air putih, minimal 8 gelas dalam sehari. (merdeka.com/Desy)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.