4 Manfaat Amukan Si Kecil yang Perlu Orang Tua Ketahui

Avatar of PortalMadura.com
4 Manfaat Amukan Si Kecil yang Perlu Orang Tua Ketahui
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Ketika mengasuh anak tentunya sebagai orang tua pernah berurusan dengan anak mengamuk. Hal itu bisa disebabkn banyak faktor dan tentunya mengamuk atau menngis merupakan bagian terburuk dari mengasuh anak.

Namun anehnya, ternyata mengamuk dan menangis mempunyai banyak manfaat bagi perkembangan dan psikologis anak. Oleh karena itu, sebagai orang tua harus bisa memahami emosi anak. Karena hal ini juga bisa mempererat ikatan batin anak dan orang tua. Nah, ini beberapa manfaat positif amukan anak yang perlu orang tua ketahui. Apa saja?

Berikut ulasannya:

Belajar Menghadapi Situasi yang Mengecewakan
Amukan sering terjadi jika seorang anak mendengar kata “tidak” yang dilontarkan oleh orangtua mereka. Meskipun Anda mungkin tidak ingin melihat sang buah hati bertingkah ketika mereka mendengar sebuah penolakan, Anda tetap harus menetapkan sebuah batasan dengan tegas.

Hidup tidak selalu berjalan seperti yang Anda inginkan, semakin cepat seorang anak memahami hal ini akan semakin cepat juga dia belajar bagaimana cara mengatasi kekecewaan. Dengan begitu, anak akan belajar cara mengatasi kemarahan dan ketakutan mereka.

Merasa Cukup Aman Untuk Membagikan Emosi
Jika anak membuat ulah tepat di depan Anda, itu berarti ia merasa cukup aman untuk mengeluarkan bagaimana perasaan dan emosi mereka di hadapan Anda. Berbelas kasih dan bantulah untuk mengeluarkan semua kemarahan, ketakutan, dan perasaan frustasi mereka.

Baik anak-anak maupun orang dewasa tidak memilih apa yang mereka rasakan, tetapi orang dewasa lebih bisa memilih bagaimana bertindak ketika mengalami emosi. Sedangkan anak-anak tidak dapat mengendalikan perilaku mereka ketika merasa marah ataupun kesal. Daripada menyuruhnya berhenti menangis dan menghukum mereka karena emosi, Anda bisa mempertahankan atmosfer kepercayaan dan kenyamanannya.

Membantu Menghilangkan Stres
Sebagai orang dewasa Anda tahu bahwa menangis merupakan cara yang tepat untuk membantu menghilangkan stres, kecemasan dan kekecewaan. Ini juga berlaku untuk anak kecil. Jika kemarahan anak disertai dengan air mata akan menghilangkan hormon stres yang memicu kecemasan.

Emosi yang dipendam dapat menyebabkan masalah tidur. Seorang anak yang berhasil mengatur emosinya melalui kehancuran dan bahkan air mata, akan lebih mudah tertidur.

Menikmati Tangisan Tanpa Dihakimi
Seiring bertambahnya usia Anda belajar bagaimana menjaga perasaan. Seringkali Anda menekan emosi dan jarang membiarkan diri sendiri menangis, atau bahkan mendiskusikan ketakutan dan kekhawatiran dengan teman atau keluarga. Emosi bisa membuat orang dewasa menjadi sangat stres. Balita masih pada usia di mana mereka dapat mengekspresikan emosi mereka agar dipahami. Sebelum mereka tumbuh dewasa dan mulai harus berpikir tentang bagaimana mereka terlihat di mata publik. (okezone.com/Desy)

 

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.