oleh

4 Manfaat Jus Tebu untuk Kesehatan, Salah Satunya Bisa Langsingkan Tubuh

PortalMadura.Com – Salah satu minuman tradisional yang terbilang murah meriah yaitu jus tebu. Minuman ini terkadang dipandang sebelah mata oleh sebagian orang lantaran dianggap tidak memiliki kegunaan kecuali hanya untuk penambah rasa manis.

Tapi siapa sangka, tenyata jus tebu memiliki manfaat kesehatan yang tentunya tidak main-main, termasuk bisa menurunkan berat badan. Jadi, minuman ini sangat cocok bagi Anda yang melakukan program diet.

Seorang ahli gizi bernama Rujuta Diwekar, menyebutkan bahwa jus tebu mengandung 111 kalori per gelas (250-300 mL), yang meliputi karbohidrat sehat (27 gram), protein (0,27 gram), kalsium, magnesium, dan kalium dalam jumlah kecil namun signifikan.

Melihat kandungannya, tidak heran jika jus tebu disebut-sebut sebagai minuman detoks dan jus penurunan berat badan yang menjanjikan. Ini yang menarik, karena meskipun kandungan utamanya adalah gula yang manis, tebu ternyata tidak menggemukkan tetapi justru membantu menurunkan berat badan.

Untuk mendapat manfaat kesehatan jus tebu, disarankan untuk mengonsumsinya setelah Anda berolahraga, atau setelah Anda berada di luar ruangan yang panas terik. Jus tebu akan membantu menebus elektrolit yang hilang dari dalam tubuh. Masih tidak yakin dengan manfaat jus tebu?. Ini 4 alasan mengapa jus tebu layak diminum secara teratur:

Kaya Serat
Serat adalah komponen dalam makanan yang sangat berperan dalam menjaga berat badan. Jika Anda sedang diet dan tidak mengonsumsi cukup serat dalam bentuk buah dan sayuran, kemungkinan sembelit akan berlipat ganda. Jus tebu mengandung sejumlah serat yang cukup untuk memenuhi kebutuhan harian Anda.

Meningkatkan Metabolisme
Ilmu tentang metabolisme itu sederhana. Semakin tinggi tingkat energinya, semakin banyak pula kalori yang dikeluarkan. Berat badan Anda dipengaruhi oleh hitungan-hitungan jumlah kalori yang masuk dan kalori yang keluar. Tebu dapat membantu meningkatkan metabolisme, memberi Anda tingkat energi yang tinggi, dan oleh karena itu, mampu mempercepat penurunan berat badan.

Baik untuk Sistem Pencernaan
Pembentukan feses dan ekskresi sangat diperlukan untuk tubuh yang sehat. Karena tinggi serat, jus tebu juga berperan dalam melancarkan sistem pencernaan Anda.

Tanpa Lemak
Jus tebu mungkin memiliki kadar gula yang tinggi, tetapi memiliki nol persen lemak. Sementara jus olahan yang dijual di pasaran, mengandung kalori kosong yang tidak dibutuhkan dan lemak tidak sehat yang dapat menyebabkan peningkatan lemak visceral (lemak di sekitar organ tubuh).

Lemak visceral inilah yang berpotensi menghambat proses penurunan berat badan. Oleh karena itu, segelas jus tebu sekali sehari sama sekali tidak akan meningkatkan berat badan Anda. (Suara.com/Putri)


Komentar