4 Manfaat Sehat Konsumsi Jagung

Avatar of PortalMadura.com
4 Manfaat Sehat Konsumsi Jagung
ilustrasi

PortalMadura.Com – Jagung merupakan salah satu sumber karbohidrat yang banyak disukai semua kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang tua. Bahan makanan yang satu ini selain harganya yang murah juga mudah ditemukan di pasaran.

Selain itu, sumber pangan ini juga bebas gluten secara alami, jadi sangat cocok dikonsumsi untuk orang yang menghindari gluten. Lantas, apa saja manfaat jagung bagi kesehatan?.

Berikut empat khasiat jagung yang jarang diketahui, dilansir Liputan6.com yang mengutip dari Health:

Jagung Mengandung Gandum Utuh

Menurut beberapa penelitian, mengonsumsi biji-bijian dipercaya dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke, kanker, diabetes tipe 2, dan obesitas. Namun, hal itu juga bergantung pada porsi yang dikonsumsi. Untuk itu, cobalah konsumsi sesuai dengan kebutuhan dan tingkat aktivitas tubuh.

Penuh dengan Nutrisi

Vitamin A yang terkandung dalam jagung sepuluh kali lebih banyak daripada biji-bijian lainnya. Bahkan, vitamin ini dapat mendukung sistem kekebalan tubuh, dan membantu membentuk selaput lendir di saluran pernapasan. Selaput tersebut berfungsi sebagai pelindung yang baik untuk mencegah kuman di aliran darah.

Selain vitamin A, jagung juga mengandung berbagai vitamin B. Kandungannya dapat membantu kesehatan tekanan darah dan jantung, mencegah kram otot, serta membantu menjaga massa otot.

Baca Juga: Ini Alasan Jangan Simpan Jagung di Kulkas

Kaya Antioksidan

Jagung mengandung lutein dan zeaxanthin, serta karotenoid utama yang dapat membantu melindungi mata, dan telah terbukti mengurangi risiko degenerasi makula dan katarak.

Sementara itu, quercetin yang ada terbukti dapat memerangi peradangan akut dan kronis, juga melindungi seseorang dari penyakit neurodegenerative, seperti Alzheimer.

Antioksidan dalam jagung biru dan ungu terbukti sangat baik dalam menangkal peradangan. Kedua jagung tersebut juga dapat menjaga tubuh dari stres oksidatif, yakni ketidakseimbangan antara produksi radikal bebas yang dapat merusak sel dan kemampuan tubuh.

Baik untuk Pencernaan

Mengonsumsi jagung dapat mencegah sembelit, mengurangi risiko wasir, dan membantu menurunkan risiko kanker usus besar, hal ini akibat serat yang terdapat di dalamnya. Serat jagung juga dapat mendukung manajemen berat badan dengan meningkatkan perasaan kenyang setelah makan, sehingga porsi makan tetap terjaga.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.