4 Masalah Kesehatan yang Ditandai dengan Sendawa

Avatar of PortalMadura.com
4 Masalah Kesehatan yang Ditandai dengan Sendawa
ilustrasi

PortalMadura.Com – Pada umumnya, banyak orang yang beranggapan bahwa merupakan proses pelepasan gas dari perut ke kerongkongan. Padahal tidak demikian, menurut pakar, kondisi tubuh bisa terlihat dari seberapa sering sendawa terjadi. Benarkah?.

Seorang pakar gastroenterologi dari Arizona Digestive Health, Paul Berggreen, MD, menyebut, sendawa atau dalam bahasa medis disebut eruktasi adalah tanda adanya gas di usus. Nah, Paul mengatakan, ada beberapa masalah kesehatan yang bisa terlihat jika Anda sering bersendawa. Apa saja?.

Berikut empat masalah kesehatan yang bisa terlihat dari sering bersendawa:

ERD
Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) atau yang lazim disebut penyakit asam lambung merupakan kondisi masalah pencernaan di mana asam lambung naik ke kerongkongan.

“Jika Anda bersendawa disertai mual, mulas, atau ingin muntah, bisa saja Anda memiliki gastroesophageal reflux disease atau GERD,” kata Paul.

Sinus
“Saat sinus kambuh, Anda jadi sulit bernapas dan cenderung bernapas lewat mulut. Nah, ini membuat tubuh menelan udara lebih banyak,” tambah Paul.

Ketika sinus kambuh, tidak ada salahnya Anda segera mengobatinya. Dengan begitu, risiko sulit bernapas termasuk sering sendawa akibat bernapas dari mulut juga bisa dihindari.

Makan Terlalu Cepat
Sendawa yang lebih sering dialami bisa jadi tanda bahwa Anda makan atau minum terlalu cepat. Hal ini dapat terjadi karena saat itu dilakukan, secara tidak sadar lebih banyak pula udara yang tertelan selama proses Anda makan.

“Penting bagi Anda untuk memperlambat kecepatan makan dan minum. Apalagi, makan buru-buru juga sudah dikaitkan dengan konsumsi kalori ekstra yang meningkatkan risiko obesitas,” tuturnya lagi.

Minum Soda
Setelah mengonsumsi soda, pernahkah dalam waktu beberapa menit kemudian Anda bersendawa?. Ya, minuman berkarbonasi mengalirkan udara langsung ke perut. Nah, sendawa yang berasal dari perut, bukan dari kerongkongan, umumnya bersuara lebih kencang dan berbau.

Paul menjelaskan, minuman berkarbonasi biasanya menyebabkan gas keluar dari perut. Tapi, sendawa yang dihasilkan berbau lebih kuat dan rasa soda yang dikonsumsi bisa masih terasa. (detik.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.