oleh

4 Masalah Kulit yang Biasa Dialami Bayi Baru Lahir

PortalMadura.Com – Bagi orang tua yang baru mempunyai bayi tentu merasa bahagia. Namun, biasanya bayi yang baru lahir rentan dengan berbagai penyakit. Salah satunya yaitu penyakit kulit, karena umumnya mereka memiliki kondisi kulit yang berbeda dengan orang dewasa.

Tentunya sebagai orang tua akan merasa khawatir jika si kecil mempunyai maslah pada kulitnya. Namun tidak usah khawatir, karena beberapa masalah pada kulit bayi yang baru lahir merupakan hal normal yang biasa terjadi. Nah agar bunda lebih paham, ini beberapa masalah kulit yang sering mendera bayi yang baru lahir. Apa saja?

Berikut ulasannya:

Cutis Marmorata
Merupakan kondisi kulit tampak seperti marmer biru muda ketika terkena suhu dingin. Hal ini tidak serius dan akan mereda seiring pertambahan usia bayi.

Loading...

Eritema Toksikum
Ruam dan bercak merah yang kerap terjadi pada bayi baru lahir. Beberapa memiliki benjolan kuning atau putih yang keras yang dikelilingi oleh kemerahan. Ruam cenderung datang dan pergi di berbagai bagian tubuh.

Kondisi kulit ini biasanya terjadi di hari kedua setelah lahir. Bisa juga muncul hingga dua minggu pertama. Tidak ada pengobatan khusus karena berangsur-angsur akan hilang.

Milia
Semacam lemak seperti jerawat putih yang banyak tumbuh di wajah bayi yang baru lahir. Bintik putih ini akan menghilang dengan sendirinya.

Vernix
Merupakan zat putih berminyak yang melapisi dan melindungi kulit bayi di rahim ibu. Beberapa bayi dilahirkan dengan banyak vernix yang masih menempel di kulit mereka. Tidak berbahaya dan bisa dibilas dengan air. Kehilangan vernix dapat menyebabkan kulit terkelupas selama minggu pertama setelah lahir. Hal ini normal dan akan hilang dengan sendirinya. (liputan6.com/Desy)





Berita PortalMadura
Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

portalmadura.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE