4 Penyakit yang Biasa Dialami Perempuan Saat Menstruasi Selain Kram

Avatar of PortalMadura.Com
4 Penyakit yang Biasa Dialami Perempuan Saat Menstruasi Selain Kram
ilustrasi

PortalMadura.Com – Saat menstruasi sebagian besar wanita akan mengalami beberapa gejala salah satunya yaitu kram. Biasanya hal itu terjadi di area perut dan punggung bagian bawah.

Namun, ternyata bukan hanya itu saja masalah kesehatan yang bisa dialami selama menstruasi. Masih ada beberapa penyakit lain yang timbul saat menstruasi yang kemungkinan karena pengaruh hormon. Apa saja?.

Berikut ulasannya:

Migrain
Pusing hingga migrain memang sering terjadi saat menstruasi, 20% wanita mengalami sakit kepala bahkan tepat sebelum menstruasi. Hal ini bisa dipicu rendahnya tekanan darah dan anemia.

Perut kembung dan Diare
Seringkali sistem pencernaan jadi aneh selama menstruasi, Anda bukan hanya mengalami kembung, tapi juga sering ke kamar mandi karena diare. Ini adalah efek samping hormon prostaglandin yang dihasilkan selama haid yang memicu kram dan diare.

Gusi bengkak dan berdarah
Tepat sebelum menstruasi, tubuh akan mengalami kenaikan progesteron, dan hormon ini berisiko membuat area rongga mulut kebas, gusi bengkak dan berdarah karena tingkat sensitivitas meningkat selama menstruasi.

Nyeri sendi
Pernahkah Anda merasa sangat malas bergerak selama menstruasi karena tubuh terasa sakit dan sendi nyeri semua? Yup, tubuh bisa mengalami nyeri sendi seakan Anda telah melakukan pekerjaan kuli, semua ini disebabkan turunnya hormon estrogen yang bertugas menjaga sendi dari nyeri.

Jadi, jangan heran jika Anda mengalami beberapa hal di atas, karena semua penyakit itu normal dan wajar adanya saat Anda menstruasi. Semua itu hanya efek sementara dan akan hilang setelah menstruasi Anda selesai. (vemale.com/Desy)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.