oleh

Jangan Lupa Baca Doa Sebelum Tidur, Manfaatnya Luar Biasa

PortalMadura.Com – Saat masih kecil, sebagian orang tua biasanya menyuruh anaknya untuk berdoa sebelum tidur. Tapi seiring beranjak dewasa, kebiasaan baik ini justru jarang dilakukan dengan alasan lupa atau karena mata yang telah terlebih dahulu terpejam.

Apakah Anda salah satu dari orang yang seperti itu?. Jika iya, sebaiknya Anda perlu berpikir lagi jika tidak berdoa. Sebab, membaca doa sebelum tidur memiliki manfaat yang luar biasa dasyatnya.

Dalam Islam, waktu tidur adalah saat Allah memegang jiwa orang yang belum mati. Ketika Allah mengembalikan jiwa tersebut, maka manusia bisa kembali bangun.

Namun jika Allah tidak mengembalikannya, maka hal inilah yang disebut dengan peristiwa kematian. Seorang mukmin yang meyakini konsep ini tentu tidak akan berangkat tidur tanpa mempersiapkan kemungkinan dirinya tidak akan bangun untuk selamanya. Seperti apa doanya, dan bagaimana kedasyatannya?.

Dalam Alquran, Allah SWT sudah menjelaskan bahwa Dia memegang jiwa-jiwa yang belum mati pada waktu tidurnya. Hal ini dijelaskan dalam Surat Az-Zumar: 42 yang artinya:

Allah memegang jiwa (orang) ketika matinya dan (memegang) jiwa (orang) yang belum mati di waktu tidurnya; maka Dia tahanlah jiwa (orang) yang telah Dia tetapkan kematiannya dan Dia melepaskan jiwa yang lain sampai waktu yang ditentukan. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda kekuasaan Allah bagi kaum yang berfikir” (Az-Zumar 42).

Dengan demikian, maka ada kemungkinan Allah tidak akan mengembalikan ruh yang digenggam-Nya tersebut ke jiwa manusia yang sedang tidur. Seperti diketahui, banyak kasus di mana manusia yang meninggal dalam tidur. Awalnya mereka tidur biasa, namun tidak lagi terjaga saat dibangunkan.

Itulah mengapa sangat penting membaca doa sebelum tidur. Agar Anda tetap mengingat Allah dalam segalan kondisi. Dan jika saat tidur dijemput untuk kembali, setidaknya Anda telah mengingat-Nya.

Adapun salah satu doa sebelum tidur yang diajarkan Rasulullah berbunyi

Bismika allahumma amuutu wa ahyaa”. Artinya, “Dengan namaMu, ya Allah! Aku mati dan hidup“.

Dari Hudzaifah, ia berkata: “Apabila Rasulullah hendak tidur,beliau mengucapkan: ‘Bismika allahumma amuutu wa ahya (Dengan nama-Mu, Ya Allah aku mati dan aku hidup).’ Dan apabila bangun tidur, beliau mengucapkan: “Alhamdulillahilladzii ahyaana ba’da maa amatana wailaihi nusyur (Segala puji bagi Allah yang telah menghidupkan kami setelah mematikan kami, dan kepada-Nya lah tempat kembali)” (HR. Bukhari no. 6324).

Baca Selengkapnya: Doa Sebelum Tidur Ala Rasulullah

Amalan ini sungguh ringan, namun memiliki manfaat yang begitu menakjubkan. Jika sebelum tidur menyempatkan membaca doa ini, lantas manusia ditakdirkan untuk menemui ajalnya, maka Allah SWT sudah menilainya meninggal dalam keadaan fitrah. Artinya, dosa-dosanya telah Allah sebagaimana keadaannya saat ia pertama kali dilahirkan oleh ibunya.

Semoga informasi tentang doa sebelum tidur ini membuat Anda kembali pada kebiasaan saat kecil, yakni tetap berdoa saat akan merebahkan tubuh. Wallahu A’lam. (infoyunik.com/Putri)

Rewriter: Putri Kuzaifah
-

Komentar