oleh

4 Penyebab Munculnya Noda Hitam di Wajah

PortalMadura.Com – Setiap wanita pastinya menginginkan kulit yang halus dan mulus tanpa noda. Sayangnya, tidak semua wanita memiliki kondisi kulit tersebut. Seperti, flek atau noda hitam yang seringkali muncul pada wajah mereka.

Flek atau noda hitam adalah salah satu permasalahan lain yang juga membuat para wanita frustasi. Noda hitam yang muncul akan mengurangi kecantikan kulit Anda. Meski telah melakukan berbagai perawatan terkadang flek hitam sulit dipudarkan. Oleh karena itu, Anda perlu memahami dan menengani penyebab noda hitam yang terjadi di wajah Anda.

Noda hitam terjadi karena disebabkan oleh produksi melanin yang berlebihan, sehingga mengakibatkan noda gelap atau flek terjadi pada kulit wajah Anda. Kalau begitu, Anda perlu tahu bagaimana produksi melanin itu bisa meningkat, dilansir PortalMadura.Com, Rabu (25/3/2020), dari laman Merdeka.com:

Terlalu Sering Berada di Bawah Sinar Matahari

Sinar matahari bisa meningkatkan produksi melanin pada kulit. Makanya dari itu, sangat penting untuk Anda memakai tabir surya setiap hari, karena dapat meminimalisir munculnya noda gelap pada wajah.

Keturunan

Perlu diketahui faktor genetik juga memiliki peranan besar dalam memengaruhi terjadinya hiperpigmentasi.

Hormonal

Jika Anda mengonsumsi obat-obatan seperti pil KB dan antibiotik juga bisa memengaruhi hormon estrogen dan progesteron, yang ternyata dapat menstimulasi produksi melanin. Timbulnya hiperpigmentasi dikarenakan perubahan hormon ini biasanya membentuk noda yang dinamakan ‘melasma’ (bagian coklat yang muncul pada hidung, dagu, pipi, maupun dahi).

Baca Juga : Ladies, Usir Noda Hitam di Wajahmu Hanya dengan Perasan Lemon Lho!

Jerawat

Para wanita pastinya pernah mengalami jerawat yang aktif dan akhirnya mati meninggalkan bekas hitam yang tidak mau menghilang. Biasanya itu terjadi karena Anda geregetan dan memencet jerawatan sehingga terjadi trauma pada kulit yang memicu produksi melanin.

Jika tidak segera ditangani, bekas ini akan menjadi lebih gelap dan lebih susah untuk dihilangkan di wajah Anda. Makanya dari itu Anda perlu lebih lanjut mengetahui tentang noda gelap dan mencegah dengan cara menanganinya dengan tepat.

Seperti kata pepatah, sedia payung sebelum hujan, jadi jika Anda mendapatkan tanda-tanda noda hitam yang akan muncul, lebih baik segera diatasi sebelum semakin parah.

Rewriter : Azizah
Sumber : Merdeka.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar