oleh

Cegah Virus Corona, Ini 5 Cara Mudah Tingkatkan Kekebalan Tubuh

PortalMadura.Com – Semakin menyebarnya penularan virus corona (Covid-19) di berbagai negara tentu kian meresahkan, khususnya masyarakat Indonesia. Untuk itu, bangsa di negara ini dihimbau oleh pemerintah untuk selalu menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh.

Pasalnya, dengan kondisi tubuh yang sehat dan bugar penyakit tidak akan bisa masuk ke dalam tubuh. Sehingga merupakan upaya penting untuk menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) sepanjang hayat, seperti rajin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir.

Perlu juga untuk menerapkan etika batuk yang benar sebagai upaya terbaik menghindari papaaran Virus Corona jenis baru. Selain menjaga kebersihan tubuh, imunitas tubuh yang baik juga dapat mengusir virus corona dari tubuh Anda.

Dilansir dari Merdeka.com, Rabu (25/3/2020), direktur Pelayanan Kesehatan Sekunder dan Unggulan, Rumah Sakit Universitas Indonesia, Dr. dr. Sukamto, Sp.PD, K-AI, memberikan lima cara mudah untuk meningkatkan imunitas tubuh. Apa saja?.

Baca Juga: 4 Bahan Rumahan Ini Ampuh Cegah Virus Corona

Berikut ini uraiannya:

Perbanyak Makan Sayur dan Buah

Bagi yang kurang asupan makanan, disarankan untuk menambahkan konsumsi sayur dan buah. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang lebih banyak makan buah lebih tidak mudah sakit.

Cukup Istirahat

Kurang tidur dapat menurunkan imunitas tubuh. Orang dewasa membutuhkan tidur 7-8 jam, sedangkan remaja membutuhkan 9-10 jam tidur dalam sehari.

Hindari dan Kelola Stres

Stres yang tidak terkendali bisa meningkatkan produksi hormon kortisol. Dalam jangka panjang, peningkatan hormon kortisol dapat menurunkan fungsi kekebalan tubuh.

Rutin Olahraga

Disarankan untuk rutin olahraga selama 30 menit setiap hari. Olahraga secara rutin ini bisa bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dalam melawan infeksi.

Hindari Rokok dan Alkohol

Paparan asap rokok dan alkohol dapat merusak sistem kekebalan tubuh. Perokok memiliki risiko lebih tinggi untuk mengalami infeksi paru, seperti bronkhitis dan pneumonia.

Rewriter : Salimah
Sumber : merdeka.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar