4 Penyebab Perut Kembung, Tak Melulu Masuk Angin

Avatar of PortalMadura.com
4 Penyebab Perut Kembung, Tak Melulu Masuk Angin
ilustrasi

PortalMadura.Com – Masalah hampir dialami setiap orang. Biasanya, permasalahan ini ditandai dengan rasa penuh pada perut dan jika ditepuk perut berbunyi seperti gendang.

Karena perut kembung, tidak jarang sebagian orang mengaitkannya dengan ‘masuk angin', padahal masalah itu tidak selalu demikian. Pasalnya, ada beberapa alasan perut selalu merasa kembut selain karena masuk angin. Apa saja?.

Berikut ini empat penyebab perut kembung selain disebabkan masuk angin:

Makan Terlalu Cepat
Deadline pekerjaan, belum lagi jadwal meeting yang padat, membuat waktu istirahat untuk makan siang menjadi pendek. Alhasil, Anda mesti bergegas makan. Sayangnya, makan terlalu cepat hanya akan membuat perut menjadi kembung.

Ketika Anda makan terlalu cepat, tubuh tidak punya waktu untuk ‘melacak' apa yang Anda konsumsi, ditambah jika Anda tidak mengunyah makanan dengan benar, hal itu membuat tubuh menjadi sulit untuk memecahkan makanan. Udara yang tertelan dalam jumlah besar saat makan pun bisa menyebabkan perut kembung.

Terlalu Banyak Makan
Makan terlalu banyak juga menjadi salah satu penyebab paling umum perut kembung. Perut Anda mempunyai kapasitas terbatas, meski perut bersifat elastis dan bisa meregang. Jika Anda makan lebih banyak dari kapasaitas perut Anda, tubuh tentu akan bekerja lebih keras untuk mencernanya.

Maka dari itu, Anda dianjurkan untuk berhenti makan sebelum terlalu kenyang. Untuk mencegah makan berlebih, makanlah perlahan dan kontrol porsi latihan.

Makan tidak Teratur
Pergi berjam-jam tanpa makan adalah kesalahan besar dan akan menyebabkan sistem pencernaan dan metabolisme Anda menurun. Ya, ketika Anda melewatkan sarapan dan makan lebih banyak di jam makan siang untuk menunaikan rasa lapar, hal itu membuat perut Anda menjadi kembung.

Asupan makanan yang tiba-tiba besar tersebut menyebabkan lonjakan gula darah dan kadar insulin yang membuat Anda merasa kenyang. Alhasil, Anda akan mengalami ketidaknyamanan, bahkan memperburuk perut kembung Anda.

Mengalami Intoleransi Laktosa
Banyak orang mengalami intoleransi laktosa, di mana tubuh mereka tidak mampu memecah gula alami laktosa yang ditemukan dalam susu. Ketika Anda tidak toleran terhadap laktosa dan Anda terlalu banyak mengonsumsi produk susu, ditambah usus kecil Anda tidak dapat menghasilkan enzim yang cukup untuk mencerna laktosa kemungkinan Anda akan memiliki masalah perut kembung.

Intoleransi lainnya, yakni pada kacang dan gluten. Untuk menghindarinya, Anda perlu sedikit ‘trial and error' untuk mencari tahu makanan apa yang sebenarnya kurang bersahabat dengan sistem pencernaan Anda. (detik.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.