oleh

4 Pertolongan Pertama Saat Bayi Sembelit

PortalMadura.Com – Bayi yang mengalami sembelit atau susah buang air besar (BAB) tergolong hal yang umum, namun tidak dapat dianggap remeh atau dibiarkan berlarut-larut. Salah satu gejala bayi mengalami sembelit adalah tidak buang air besar minimal tiga kali dalam seminggu, tinja keras dan kering, serta menangis saat buang air besar.

Ketika bayi mengalami susah BAB, Anda harus waspada dan langsung bertindak. Dilansir dari laman Popmama.Com, Minggu (1/11/2020) berikut pertolongan pertama untuk mengatasi bayi sembelit yang bisa Anda lakukan.

Berikan MPASI Mengandung Serat Secukupnya

Bayi yang berusia 6-12 bulan tentu sudah dikenalkan makanan pendamping ASI atau MPASI. Pastikan bayi mengonsumsi makanan berserat untuk mengatasi sembelit. Perlu diingat, kebutuhan serat bayi berbeda dengan orang dewasa.

Hindari makanan berserat seperti buah-buahan dan sayuran secara berlebihan karena dapat memperparah sembelit pada bayi. Utamakan memberikan buah-buahan bertekstur lunak agar mudah dikunyah dan dicerna oleh bayi.

Ganti Susu Formula

Ada beberapa kandungan nutrisi dalam susu formula yang sulit dicerna oleh bayi sehingga menyebabkan tinja menjadi lebih keras. Selain kandungan nutrisi dalam susu formula, sembelit juga bisa disebabkan karena bayi memiliki alergi terhadap susu sapi.

Sebaiknya konsultasi terlebih dahulu ke dokter untuk memastikan apakah harus mengganti produk susu formula atau mengubah takaran penyajian susu formula. Apabila Anda baru ingin memberikan susu formula kepada bayi, pastikan Anda berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter untuk menemukan susu formula yang cocok.

Jangan Sembarang Beri Pelancar BAB

Ketika bayi sembelit, hindari pemberian obat pelancar buang air besar tanpa konsultasi ke dokter. Anda hanya boleh memberikan obat pelancar apabila telah dianjurkan oleh dokter.

Dokter umumnya akan memberikan resep obat pelembut tinja agar mudah dikeluarkan. Obat pelembut tinja itu akan ditambahkan ke dalam susu formula bayi dan diberikan tiga kali sehari.

Konsumsi Air Putih yang Cukup

Sama seperti orang dewasa, ketika bayi sembelit Anda juga bisa memberikan tambahan air putih setelah menyantap MPASI. Berikan air putih secukupnya hingga sembelit dapat diobati.

Jika gejala sembelit masih ada walaupun bayi sudah diberi air putih, maka Anda bisa memberikan buah sebagai camilan, bersamaan dengan air putih.

Rewriter : Oktaviana Dwi K.K
Sumber : Popmama.Com

Komentar