4 Perubahan Saat Hamil Muda yang Perlu Bunda Ketahui

Avatar of PortalMadura.Com
4 Perubahan Saat Hamil Muda yang Perlu Bunda Ketahui
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Pasangan suami istri (Pasutri) pasti mengharap kehadiran buah hati dalam rumah tangganya. Hal ini pasti menjadi keinginan semua pasutri di dunia. Salah satu kebahagiaan terbesar akan dirasakan pada saat tahu istrinya hamil. Biasanya akan banyak hal yang dilakukan, seperti menjaga pola makan, tidak membuat stres dan memeriksakan ke dokter.

Selain itu yang perlu diketahui pasangan atau suami yaitu akan ada perubahan-perubahan yang dirasakan istri pada saat . Lantas apa saja perubahan itu? Berikut penjelasannya:

Cemas dengan Kehamilan
Psikolog klinis dewasa dari Tiga Generasi, Tiara Puspita yang akrab disapa Tita, mengatakan bahwa kehamilan memang sesuatu yang dinantikan, tapi bukan berarti segalanya positif. Maksudnya, Anda juga harus mengatur finansial dan menghadapi semua perubahan.

“Kekhawatiran nggak cuma dialami si ibu tetapi juga si ayah. Kekhawatiran itu wajar kok dialami. Tapi, kekhawatiran tersebut harus segera ditangani jika ibu cemas berlebih, sampai tidak fokus beraktivitas, kehamilan terganggu, kemudian karena saking cemasnya hubungan Anda sama suami berantakan,” tutur Tita.

Ibu Lebih Sensitif
Sensitif dalam hal ini bisa lebih mudah marah atau mellow ya, Bun. Dijelaskan psikolog Laura M. Glynn of Chapman University, perubahan psikologi yang dialami ibu saat hamil tidak lepas dari peran hormon. Misalnya, fluktuasi hormon bisa bikin ibu lebih perhatian pada kebutuhan si kecil.

“Tapi di sisi lain, perubahan psikologis ibu hamil bisa bikin mereka lebih sensitif pada kebutuhan bayi, terutama terkait naluri keibuannya,” kata Laura, dikutup dari Psychological Science.

Merasa Takut
Dikutip dari Everyday Health, perasaan takut juga kerap dialami ibu hamil pertama kali, Bun. Ketakutan ini mulai dari tidak bisa jadi ibu yang baik, keguguran, atau mengalami masalah selama hamil. Bahkan, ketakutan tentang proses persalinan juga bisa dialami ibu.

Lebih Cengeng
Bunda merasa lebih cengeng di awal kehamilan? Ini normal kok, Bun. Bahkan, ada ibu hamil yang mudah sedih sampai menangis. Ini terkait banget dengan perubahan hormon. Tapi, jika ibu hamil muda sampai merasa sedih berkepanjangan bahkan depresi, segera minta bantuan profesional ya. Atau, bicara dengan anggota keluarga juga bisa dilakukan kok. (haibunda.com/Desy)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.