oleh

4 Positif Covid-19 di Sumenep dari Klaster Pelatihan Haji Berstatus OTG

PortalMadura.Com, Sumenep – Empat (4) warga Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, terkonfirmasi positif Covid-19, pada Jumat (24/4/2020) sore.

Mereka adalah dua orang warga Kecamatan Kota Sumenep, satu berasal dari Kecamatan Rubaru dan satu dari Kecamatan Saronggi.

“Mereka itu orang tanpa gejala (OTG),” terang Bupati Sumenep, A Busyro Karim dalam jumpa pers di ruang media center pencegahan dan penanganan Covid-19, Jumat (24/4/2020) malam.

Empat orang tersebut saat ini sudah dalam penanganan tenaga medis dan sudah menjalani isolasi. “Tiga laki-laki dan satu perempuan. “Unsur Kemenag dan tenaga medis,” sebutnya.

Mereka yang dinyatakan postif Covid-19 tersebut merupakan peserta pelatihan petugas haji di Asrama Haji Sukolilo Surabaya yang digelar pada 9-18 Maret 2020.

Bupati menjelaskan, keberadaan mereka sudah sejak awal dilakukan pengawasan (orang dalam pengawasan-ODP), seperti pengawasan dan rapid test bersama peserta pelatihan petugas haji lainnya.

“Dua kali dilakukan cek kesehatan kepada mereka dan hasilnya dinyatakan negatif. Orangnya sendiri juga tidak merasakan sakit,” ungkapnya.

Pihaknya baru menerima laporan dari Pemprov Jatim jika empat (4) orang itu dinyatakan positif Covid-19 dari hasil swab ulang.

Busyro menghimbau pada masyarakat Sumenep, agar terus berhati-hati dan mengikuti anjuran protokol Covid-19 seperti yang disampaikan pemerintah.

“Ayo bersama-sama putus mata rantai Covid-19 ini. Jangan sampai berkembang dan saya tidak ingin ada lagi warga Sumenep yang terpapar Covid-19,” tandasnya.

Baca Juga: 2 Pasien Covid-19 Terbaru di Bangkalan Asal Kecamatan Kamal & Arosbaya

Bersama komponen lainnya, baik Polres, Kodim dan tenaga kesehatan, pemerintah daerah memaksimalkan posko-posko untuk terus melakukan pemantauan , pengawasan dan pencegahan penyebaran Covid-19.

“Jaga kesehatan, asupan makanan yang bergizi diperhatikan. Membasuh tangan dan pakai masker. Ini penting untuk diperhatikan dan dilakukan oleh semua warga Sumenep,” katanya.(*)

Penulis : Lisa Mana L
Editor : Hartono
Tirto.ID
Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

portalmadura.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE