oleh

4 Tanda Anda Harus Beli Kacamata Baru

PortalMadura.Com – Pada dasarnya, rabun jauh maupun rabun dekat yang disebabkan kelainan pada mata relatif tidak berubah di usia dewasa. Mereka bisa saja sudah menggunakan kacamata yang sama selama bertahun-tahun dan tetap baik-baik saja.

Akan tetapi, pada sebagian orang yang terasa baik-baik saja belum tentu cukup. Karena ada beberapa perubahan pada mata yang sulit diketahui yang membuatnya luput dari mengganti kacamata. Apa saja?.

Berikut ini empat tanda Anda harus beli kacamata baru:

Pusing
Sering pusing merupakan tanda adanya perubahan pada kelainan refraksi mata. Pusing terjadi karena otak mencoba menyesuaikan pandangan dengan kemampuan melihat yang bisa saja sudah turun, sehingga kerjanya menjadi lebih keras.

Pusing lebih umum terjadi pada pengidap rabun jauh ketika minusnya sudah naik, atau lensa kaca tidak lagi memberikan perbaikan penglihatan.

Mata Lelah
Sering mengalami mata lelah, tandanya otot mata sering bekerja keras. Penyebabnya beragam, mulai dari kurang tidur, terlalu lama melihat layar, hingga lensa kacamata yang tidak lagi sesuai dengan kebutuhan.

Jika Anda sering mengalami mata lelah ketika menggunakan kacamata, sebaiknya periksa kembali kemampuan melihat Anda, jangan-jangan sudah saatnya ganti kacamata.

Sering Menyipitkan Mata
Menyipitkan mata merupakan metode alamiah untuk meningkatkan fokus dan kejelasan penglihatan. Mereka yang sudah sering menyipitkan mata untuk melihat bisa saja mengalami rabun jauh atau rabun dekat.

Tapi jika Anda sudah menggunakan kacamata namun masih sering menyipitkan mata untuk melihat jauh atau dekat, tandanya lensa kacamata yang dipakai kurang tepat. Terlalu sering menyipitkan mata juga bisa mengurangi kemampuan penglihatan.

Penglihatan Kabur
Kalau ini sudah jelas, mengalami penglihatan kabur ketika tidak ada kabut, asap, maupun hal-hal lain yang mengganggu mata merupakan tanda Anda mengalami kelainan mata.

Segera periksakan mata Anda ke dokter mata. Penglihatan kabur bisa menandakan Anda butuh kacamata baru, atau jika tidak, merupakan tanda-tanda penyakit katarak. (detik.com/Salimah)


Komentar