4 Tips Mudah Jernihkan Minyak Goreng Bekas yang Sudah Keruh

Avatar of PortalMadura.com
4 Tips Mudah Jernihkan Minyak Goreng Bekas yang Sudah Keruh
ilustrasi

PortalMadura.Com – Bagi sebagian orang, memasak tanpa menggunakan minyak goreng rasanya tidak afdal. Karena dengan memakainya, akan membuat masakan menjadi lebih enak dan nyaman. Asalkan minyak masih dalam keadaan jernih dan tidak kotor.

Sebab, tidaklah sehat, apalagi warnanya sudah berubah menjadi keruh, tentunya tidak lagi aman digunakan. Idealnya, minyak goreng cukup dipakai hanya dua atau tiga kali saja.

Tapi jangan salah, minyak goreng bekas pun masih bisa dijernihkan kembali dan dihilangkan baunya untuk dipakai lagi. Tidak perlu khawatir, ada cara mudah menjernihkannya.

Yuk, simak infonya di sini agar Anda bisa langsung mencoba di rumah:

Menjernihkan Minyak Bekas dengan Mengendapkannya Semalam
Cara ini bisa dilakukan untuk minyak yang habis digunakan untuk menggoreng bahan makanan bertepung. Setelah dipakai, diamkan dulu minyak selama semalaman. Nanti sisa tepung akan mengendap. Bagian minyak yang masih jernih di atasnya ini nanti bisa digunakan kembali

Menjernihkan Minyak dengan Menggunakan Nasi yang Dikepal
Sudah tahu kalau nasi juga bisa bisa digunakan untuk membantu menjernihkan kembali minyak goreng bekas?. Caranya pun mudah, setelah selesai menggoreng dengan menggunakan minyak tersebut, ambil segenggam nasi. Lalu bulatkan atau kepalkan nasi tersebut sampai padat.

Setelah itu, masukan nasi ke dalam minyak penggorengan yang masih dalam keadaan panas. Bolak-balik dan tekan-tekan nasi tersebut sampai semua remah atau kotoran yang ada pada minyak bekas yang tertinggal menempel pada nasi. Nantinya, minyak bisa kembali jernih untuk digunakan kembali.

Menjernihkan Minyak dengan Menggunakan Arang Kayu
Arang kayu punya sifat yang bisa menyerap kotoran dan residu. Bisa dimanfaatkan juga untuk menjernikan minyak goreng bekas. Caranya, haluskan arang kayu secukupnya dengan ditumbuk sampai jadi serbuk. Kemudian, masukkan dua genggam serbuk arang kayu untuk 1 liter minyak jelantah. Aduk merata dan tunggu hingga warna minyak lebih terang jernih. Saring minyak berisi arang kayu dan minyak yang jernih bisa kembali digunakan.

Menghilangkan Bau pada Minyak Goreng Bekas
Minyak bekas menggoreng ikan atau telur mungkin akan meninggalkan bau. Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan serai. Caranya, panaskan minyak lalu masukkan beberapa batang serai yang telah dimemarkan. Biarkan beberapa saat sampai serai layu, nanti minyak goreng akan berkurang baunya dan bisa dipakai kembali untuk menggoreng bahan makanan lainnya.

Gimana, cukup mudah kan tipsnya?. Semoga bermanfaat dan sekarang Anda sudah bisa lebih semangat untuk membuat aneka olahan dan hidangan yang lezat tanpa khawatir minyak keruh serta bau. (Vemale.com/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.