4 Trik Jitu Atasi Kulit Kering dan Pecah-pecah Pada Tangan

Kulit tangan kering dan pecah pecah
Ilustrasi
    Bagikan:

PortalMadura.Com – Tangan merupakan salah satu bagian tubuh yang banyak melakukan kontak dengan beragam peralatan dan berbagai aktivitas. Oleh karena itu, kesehatan kulit pada area itu bisa menurun dan tandanya yaitu kulit jadi kering dan pecah-pecah. Kondisi ini meskipun tidak berbahaya, tapi tetap bisa mengganggu dan bisa membuat tidak percaya diri.

Sebelum mengetahui cara-cara mencegah kulit tangan yang kering dan pecah-pecah, ada baiknya kenali dulu hal apa saja yang dapat menyebabkan masalah ini terjadi. Karena bukan hanya kekurangan asupan cairan saja yang dapat menjadi penyebab keringnya kulit tangan. Banyak faktor eksternal rupanya juga bisa membuat kondisi kulit tangan jadi mudah kering dan pecah-pecah.

Nah, berikut ini adalah beberapa penyebabnya:

Air
Setiap kali Anda mencuci tangan, tidak hanya debu dan kotoran saja yang hilang. Minyak alami pada kulit pun akan ikut menghilang. Jika Anda terlalu sering mencuci tangan, tentu saja akan memicu kulit tangan menjadi mudah kering dan pecah-pecah.

Udara
Berada pada lingkungan yang memiliki udara kering, baik itu akibat AC ataupun penghangat ruangan juga diketahui dapat menghilangkan kelembapan kulit dengan mudah.

Baca Juga:  Ternyata Ini 5 Hal Penyebab Rambut Berubah Warna dan Tekstur

Zat kimia
Anda yang sering mencuci baju, mengepel, atau melakukan beragam kegiatan bersih-bersih lainnya, jangan heran ya jika kulit tangan Anda nantinya akan terasa kering. Kondisi seperti ini memang wajar, mengingat produk pembersih rumah tangga banyak mengandung zat kimia yang cukup keras, salah satunya detergen.

Selain ketiga faktor di atas, kulit tangan kering dan pecah-pecah juga dapat diakibatkan oleh penyakit eksim, psoriasis, alergi, atau bisa juga karena adanya reaksi dari obat-obatan yang Anda konsumsi.

Kondisi kulit tangan yang kering dan pecah-pecah sebenarnya bisa dicegah dan diatasi, misalnya saja dengan cara-cara berikut ini:

Hindari penggunaan hot air dryer

Mengeringkan tangan menggunakan hot air dryer memang sangat populer karena lebih hemat dan lebih ramah lingkungan. Namun, penggunaan mesin pengering tangan ini dapat membuat tangan mudah kering. Sebagai gantinya, Anda dapat mengeringkan tangan dengan menggunakan sapu tangan. Setelah itu, aplikasikanlah pelembap untuk mengunci kelembapan kulit tangan.

Eksfoliasi rutin

Selain wajah, rutin melakukan eksfoliasi kulit tangan juga perlu, lho! Namun, pastikan Anda menggunakan produk eksfoliasi yang butirannya lembut ya, mengingat kulit punggung tangan sangatlah tipis dan rapuh.

Baca Juga:  Hilangkan Komedo dengan 7 Bahan Alami Ini

Rajin menggunakan hand cream

Setiap kali Anda habis mencuci tangan, ingatlah untuk selalu melembapkannya kembali dengan menggunakan hand cream. Pilihlah hand cream yang tidak lengket dan dapat menyerap dengan cepat agar tidak mengganggu kenyamanan saat beraktivitas.

Kurangi penggunaan sabun

Sabun yang memiliki banyak busa dan bersifat antibakteri umumnya akan membuat kulit jadi mudah kering. Saat memilih sabun mandi atau sabun cuci tangan, hindari produk dengan kandungan parfum sintetis, pengawet, dan sulfates yang dapat membuat kulit menjadi kering. Pilihlah sabun yang memiliki kandungan melembapkan agar kondisi kulit tangan terbebas dari risiko kekeringan dan pecah-pecah.

Nah, walau ada beberapa faktor penyebab yang sulit untuk Anda kontrol penuh, selalu ada cara pencegahan yang bisa meminimalisir kulit kering dan pecah-pecah. Selamat mencoba. (vemale.com)


Ikuti Berita Kami Lainya di Google Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.