Jangan Berlebihan, Ini 5 Efek Samping Madu bagi Kecantikan

Avatar of PortalMadura.com
Jangan Berlebihan, Ini 5 Efek Samping Madu bagi Kecantikan
Ilustrasi (Tribun)

PortalMadura.Com – Cairan kental yang dihasilkan oleh lebah yaitu madu. Bagi kesehatan tubuh, madu mempunyai banyak manfaat. Seperti, penambah stamina, menurunkan berat badan dan lain sebagainya. Selain itu, madu juga berkhasiat bagi kecantikan. Antioksidan yang terdapat pada madu sangat baik untuk kulit.

Namun ternyata, dibalik banyaknya khasiat madu bagi , ada beberapa efek samping yang juga perlu Anda ketahui. Lantas, apa saja bagi kecantikan kulit? Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman popmama.com yang dikutip dari webmd.com, berikut penjelasannya:

Membuat Kulit Kering

Madu seringkali digunakan sebagai masker karena memiliki sifat anti-oksidan dan juga anti-bakteri yang bermanfaat untuk kulit. Karena hal itulah, banyak orang yang ingin menggunakan madu sebagai masker untuk menghindari permasalahan kulit.

Namun, jika digunakan terlalu sering juga tidak dapat memberikan hasil yang maksimal karena akan membuat kulit menjadi kering.

Dapat Menyebabkan Alergi

Meskipun alergi madu jarang terjadi, tetapi Anda harus tetap waspada agar hal ini tidak terjadi. Terlebih, jika Anda menjadikan madu sebagai bahan utama asupan makanan maka akan membuat seseorang berisiko mengalami alergi.

Jika mengalami tanda-tanda seperti kulit yang mengalami ruam setelah mengonsumsi madu, lebih baik segera mengunjungi dokter untuk mendapatkan penanganan.

Membuat Kulit Menjadi Kotor

Menjaga wajah tetap bersih adalah hal yang harus dilakukan, begitu juga pada saat malam hari dimana Anda harus mencuci muka agar kotoran tidak menempel semalaman. Terlebih lagi jika Anda menggunakan produk makeup yang memang mengandung madu di dalamnya, Anda harus segera membersihkannya untuk mencegah kulit yang kotor.

Dapat Menimbulkan Permasalahan Baru pada Kulit

Jika melakukan perawatan kulit menggunakan bahan alami dan dilakukan tidak dengan menggunakan cara yang benar atau bahkan terlalu berlebihan, tidak menutup kemungkinan akan terjadi permasalahan baru pada kulit.

Sebelum benar-benar menjadikan madu sebagai bahan utama masker alami, pastikan bahwa langkah yang Anda lakukan sudah dilakukan dengan benar.

Menyebabkan Kulit Iritasi

Hal ini kembali lagi pada bagaimana kulit Anda bereaksi terhadap madu atau produk yang memiliki kandungan madu. Tidak menutup kemungkinan Anda akan mengalami iritasi atau bahkan kemerahan pada saat menggunakan madu.

Jika terjadi sebuah reaksi setelah menggunakan madu, segera hentikan penggunaan yang biarkan kulit beristirahat terlebih dahulu atau segera kunjungi dokter ahli.

Nah, itulah beberapa efek samping dari madu untuk kecantikan yang seringkali dijadikan sebagai masker alami atau bahan utama dalam produk skincare dan kosmetik. Meskipun jarang terjadi, kemungkinan mengalami efek samping setelah menggunakan sesuatu untuk kulit bisa saja terjadi.

Pastikan untuk selalu melakukan perawatan sesuai dengan kebutuhan ya!

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.