oleh

4 Wisata Religi Madura yang Tak Boleh Anda Lewatkan

PortalMadura.Com – Pulau madura merupakan pulau yang terletak di sebelah timur laut Jawa Timur yang kaya akan potensi. Tak hanya terkenal dengan wisata kulinernya, Pulau Madura juga kaya akan wisata religinya yang bisa menjadi alternatif Anda saat liburan.

Dilansir dari laman Liputan6.Com, Rabu (27/1/2021), berikut rekomendasi tempat wisata religi Madura yang bisa Anda kunjungi:

Batu Ampar

Kompleks Batu Ampar ini merupakan kompleks pemakanan para ulama yang berada di Desa Batu Ampar, Kabupaten Pamekasan. Wisata religi Madura ini banyak dikunjungi oleh para peziarah yang berasal dari berbagai daerah. Terdapat enam wali Allah yang dimakamkan di kompleks ini, yaitu makam Syekh Abdul Manan (Bujuk Kosambi), Syekh Syamsudin (Bujuk Lattong), Syekh Basyaniyah (Bujuk Tumpeng), Syekh Damanhuri, Syekh Moh. Romli dan Syekh Husen.

Makam Syaikhona Kholil

Raden Kyai Haji Kholil atau biasa disapa dengan Mbah Kholil menjadi sangat terkenal karena beliau adalah guru dari pendiri NU, yaitu KH Hasyim Asy’ari. Meskipun Anda tidak bisa melihat sosoknya lagi, namun Anda bisa mengenang dan mengirimkan doa di makamnya yang terletak di kawasan Martajasah, Kabupaten Bangkalan. Makamnya kini dijadikan sebagai tempat wisata religi Madura yang cukup populer. Karena banyak dikunjungi oleh para peziarah, maka tempat yang satu ini sangat direkomendasikan.

Asta Tinggi

Terletak di dataran tinggi di Desa Kebunagung Kabupaten Sumenep, Setibanya di sini, Anda akan dibuat takjub karena pentaan makam hingga pintu gerbangnya yang begitu astisitik. Tak hanya makam dari ulama besar saja yang kerap dimuliakan, namun makam dari para raja serta keluarganya juga tidak luput dari kunjungan religi. Hal ini dikarenakan masyarakat Madura begitu terpukau dengan kharisma para pemimpinnya.

Masjid Agung Sumenep

Terletak di jantung Kota Sumenep, Madura. Masjid Agung Sumenep merupakan masjid yang dibangun berdasarkan kebudayaan Madura, Jawa, Eropa, dan Tiongkok. Saat Anda tiba di masjid ini Anda akan dihadapkan dengan pintu gerbang besar pintu masuk utama masjid yang corak arsitekturnya bernuansa kebudayaan Tiongkok. Lokasi masjid ini sangat mudah dijangkau, maka tak mengherankan kalau masjid ini banyak dikunjungi oleh wisatawan.

Rewriter : Raudatul Fitrah
Sumber : Liputan6.Com

Komentar