5 Amalan Saat Malam Pertama dalam Islam

Avatar of PortalMadura.Com
5 Amalan Saat Malam Pertama dalam Islam
ilustrasi

PortalMadura.Com – Amalan saat dalam islam bukan hanya berhubungan tubuh dan cara suami memperlakukan istri semata. Namun ada hal yang lebih penting yakni bagaimana agar amalan saat malam pertama dalam islam sebagai suami istri bisa dilalui dilalui dengan baik agar bisa menyatukan emosi serta perasaan diantara keduanya.

Lantas apakah amalan saat malam pertama dalam islam dapat dijadikan jalan ibadah kepada Allah? Amalan serta tata cara bergaul suami istri yang benar adalah yang sesuai dengan apa yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW. Seperti yang sudah diketahui bahwa Nabi Muhammad SAW merupakan sebaik baiknya teladan dalam kehidupan tidak terkecuali dalam hal pernikahan

serta segala hal yang ada di dalamnya sebab itu terdapat keutamaan dan pentingnya mengenal Rasulullah SAW. Oleh sebab itu sebagai muslim sudah sepatutnya untuk mencontoh serta mengikutinya. Berikut adalah 5 Amalan Saat Malam Pertama dalam Islam agar dapat menjadikan segala sesuatu dalam kehidupan sebagai jalan ibadah.

Doa Menjadi Keluarga Samawa

Islam merupakan agama yang telah sempurna yang mana ajarannya meliputi semua aspek kehidupan termasuk dalam hal pernikahan. Jika berbicara tentang pernikahan tidak lepas dari amalan saat malam pertama dalam islam di setiap pernikahan. Amalan

saat malam pertama dalam islam itu hendaknya diisi dengan kelembutan, kasih sayang, serta kesenangan. Jadikan selalu malam itu menjadi malam untuk menyatukan perasaan kedua pasangan agar menjadi keluarga yang samawa dengan doa hubungan intim saat malam pertama.

Niat Ibadah Kepada Allah

”Tiga orang yang memiliki hak atas Allah menolong mereka : seorang yang berjihad di jalan Allah, seorang budak (berada didalam perjanjian antara dirinya dengan tuannya) yang menginginkan penunaian serta seorang menikah yang ingin menjaga kehormatannya dan mendapat pahala berhubungan suami istri .” (HR. Ahmad, Tirmidzi, Ibnu Majah serta Hakim dari hadits Abu Hurairoh).

Bersikap Lemah Lembut

”Aku pernah merias Aisyah untuk Rasulullah saw lalu aku mendatangi beliau saw serta mengajaknya untuk melihat kecantikan Aisyah. Beliau saw pun mendatanginya dengan membawa segelas susu lalu beliau meminumnya serta memberikannya kepada Aisyah

maka Aisyah pun menundukkan kepalanya sebab malu. Asma berkata, ”Maka aku menegurnya.” Serta aku katakan padanya, ”Ambillah (minuman itu) dari tangan Nabi saw.” Asma berkata, ”Maka Aisyah pun mengambilnya lalu meminumnya sedikit dengan keutamaan minum sambil duduk.”

Berdoa Sebelum Bersetubuh

Diriwayatkan dari Ibnu Abbas bahwa Nabi saw bersabda,”Apabila seorang dari kalian mendatangi istrinya maka hendaklah dia berdoa, ”Allahumma Jannibna asy Syaithon wa Jannib asy Syaithon Ma Rozaqtana — Wahai Allah jauhilah kami dari setan serta jauhilah setan dari apa-apa yang Engkau rezekikan kepada kami — sesungguhnya Allah Maha Mampu memberikan buat mereka berdua seorang anak yang tidak bisa dicelakai setan selamanya.”

Berdoa Setelah Selesai Bersetubuh

Bârakallâhu likulli wâhidin minnâ fî shâhibih. Artinya, “Semoga Allah memberkahi setiap kita.” serta Allâhumma innî as'aluka khairahâ wa khairamâ jabaltahâ alaih. Wa a‘ûdzubika min syarrihâ wa syarrimâ jabaltahâ alaih. Artinya, “Tuhanku, kepada-Mu aku memohon kebaikan istriku serta kebaikan sifat yang Kau ciptakan untuknya. Aku berlindung kepada-Mu dari keburukan istriku serta keburukan sifat yang Kau ciptakan untuknya.”

Nah, ternyata banyak jalan yang bisa dilakukan untuk ibadah, termasuk ketika malam pertama, tentu inti dari ulasan ini ialah membuat malam pertama menjadi jalan untuk beribadah kepada Allah, tidak hanya semata sebagai jalan nafsu belaka serta menjalankan tata cara berhubungan suami istri seusai aturan islam sebagai wujud bersyukur kepada Allah

telah disatukan dalam ikatan yang halal sehingga jauh dari zina. Jangan lupa untuk memohon doa agar kehidupan rumah tangga selalu damai dan langgeng dalam jalan Allah serta kelak mendaatkan keturunan yang sholeh dan bisa bersama sama hidup di surga nantinya.

Demikian yang dapat disampaikan, semoga bisa menjadi wawasan yang bermanfaat untuk pembaca semua. (dalamislam.com/Anek)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.