5 Aturan Qoda Puasa dalam Islam

Avatar of PortalMadura.com
6 Aturan Qoda Puasa dalam Islam
ilustrasi

PortalMadura.Com – Bulan puasa atau Ramadan kini tinggal hitungan hari. Bagi seseorang yang memiliki utang puasa wajib mengganti atau mengqada di selain bulan Ramadan.

Untuk itu, manfaatkanlah bulan Rajab ini untuk segera melunasi utang puasa tersebut. Apalagi, bulan ini sudah hampir tiba di penghujung. Nah, bagi Anda yang ingin segera mengqada puasa, ada beberapa aturan yang perlu diketahui. Apa saja?.

Berikut ini lima aturan mengqada puasa yang perlu diketahui:

Pertama, sebagaimana puasa Ramadan, qada juga tidak boleh dibatalkan kecuali ada uzur tertentu yang membolehkan.

Kedua, qada boleh dibayar secara terpisah. Maksudnya, tidak diwajibkan puasa qada secara berturut-turut. Hal ini didasarkan pada perintah yang tercantum dalam Alquran. “Hendaklah mengqada (mengganti puasa) di hari lainnya” (QS Al Baqarah: 184-185).

Baca Juga: Muslimah, Anda Belum Qada Utang Puasa Ramadhan? Ini Caranya

Ketiga, menjalani puasa qada juga wajib dengan niat sebagaimana diwajibkan dalam puasa Ramadan. Dalam hadis disebutkan: “Barang siapa yang tidak berniat di malam hari sebelum fajar, maka tidak ada puasa untuknya” (HR An Nasa’i no 2331, dari Hafshoh binti Umar).

Keempat, Jika ada yang melakukan qada lalu berhubungan intim di siang hari, maka tidak ada kewajiban kafarat, yang ada adalah qada disertai taubat. Sebab, kafarat hanya berlaku jika hal itu terjadi saat menjalankan puasa Ramadan saja.

Kelima, qada hanya dilakukan sebanyak jumlah hari puasa Ramadan yang batal. Bukan dua kali lipatnya seperti anggapan orang. Wallahu A’lam.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.