5 Bahan Alami yang Ampuh Hilangkan Milia di Wajah

Avatar of PortalMadura.Com
5 Bahan Alami yang Ampuh Hilangkan Milia di Wajah
Ilustrasi

PortalMadura.Com – merupakan penyakit kulit yang terkadang dijuluki sebagai “jerawat bayi” karena umumnya muncul pada bayi yang baru lahir. Penyebabnya yaitu adanya protein bernama keratin yang terperangkap di dalam kelenjar pilosebasea pada kulit. Selain itu, munculnya milia karena adanya gangguan pada kelenjar pilosebasea.

Anda tidak perlu khawatir jika mendapati milia pada area wajah karena hal itu bisa hilang dengan sendirinya, namun dalam waktu yang tidak sebentar. Nah jika hal ini membuat Anda kurang percaya diri, Anda bisa mengatasinya dengan beberapa bahan alami berikut ini:

Madu
Madu memiliki sifat anti-oksidan dan juga humektan yang dapat mempertahankan kelembapan kulit wajah. Selain itu, bahan alami ini juga kaya akan kandungan asam amino dan vitamin yang bersifat antibakteri serta anti-inflamasi, sehingga dapat membantu mengelupas kulit dengan lembut untuk menyingkirkan sel-sel kulit mati yang menjadi salah satu penyebab munculnya milia. Nah, bagi yang ingin menghilangkan milia dengan madu, Anda dapat mengikuti dua cara berikut!

Aplikasikan madu murni ke seluruh permukaan wajah. Biarkan selama 15 menit, kemudian bilas. Lakukan hal ini setiap hari sebanyak satu kali sebelum tidur hingga Anda melihat milia mulai samar pada kulit wajah.

Selain itu, Anda juga bisa mencampurkan dua sendok makan madu murni dan satu sendok makan minyak jojoba. Oleskan pada wajah, lalu bilas setelah dibiarkan selama 15 hingga 20 menit. Ulangi setiap hari atau tiga atau empat kali seminggu sampai milia di kulit wajah Anda mulai menghilang.

Kentang
Dikenal sebagai salah satu sumber pangan yang kaya akan pati, kentang juga dapat membantu mengurangi milia pada kulit wajah. Kentang mengandung antioksidan yang dapat membantu mengontrol produksi sebum berlebih. Selain itu, jenis umbi-umbian ini juga dapat mengelupas sel-sel kulit mati yang menumpuk pada kulit secara lembut.

Anda dapat memanfaatkan kentang mentah untuk merawat kulit yang terkena milia. Caranya, bersihkan kentang dan simpan di dalam kulkas untuk beberapa saat hingga dingin. Setelah itu, kupas dan parut. Oleskan parutan kentang ini ke area kulit yang terkena milia dan biarkan mengering secara alami. Selanjutnya, bilas dengan air dan lakukan dua hingga tiga kali sehari.

Gula Pasir
Gula pasir merupakan bahan aktif yang dapat dijadikan sebagai exfoliator alami untuk mengangkat sel kulit mati pada wajah penyebab milia. Selain itu, gula juga dapat mencegah pori-pori kulit menjadi tersumbat akibat kotoran dan minyak yang menumpuk. Agar semakin efektif, Anda dapat menggunakan gula pasir yang dikombinasikan dengan air lemon dan minyak zaitun.

Cara membuatnya pun cukup mudah. Peras air lemon dari setengah potongan lemon, lalu campurkan dengan dua sendok makan (sdm) gula pasir dan satu sendok (sdt) teh minyak zaitun. Gosoklah dengan lembut campuran ini ke permukaan kulit selama beberapa menit. Diamkan selama 20 menit, lalu bilas hingga bersih. Lakukan hal ini setiap dua kali seminggu selama beberapa bulan.

Lemon
Selain kaya akan vitamin C, lemon juga mengandung asam sitrat yang baik untuk mengatasi milia. Tidak hanya mengelupas sel kulit mati, lemon juga dapat mencerahkan kulit agar menyingkirkan milia beserta bekasnya. Untuk mendapatkan manfaatnya, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan.

Peras buah lemon dan tambahkan sedikit garam ke dalamnya. Aduk rata dan oleskan pada area wajah yang terkena milia dengan menggunakan kapas. Bilas area dengan air hangat setelah didiamkan selama 20 menit. Ulangi treatment ini setiap hari pada malam hari sebelum tidur.

Cara kedua tambahkan 1 sdm baking soda dan 1/2 sdm bubuk kayu manis ke dalam mangkuk. Lalu, tuangkan air perasan lemon segar hingga teksturnya menjadi seperti pasta. Oleskan ke area milia pada wajah dan bersihkan dengan air hangat setelah mengering secara alami. Lakukan dua kali seminggu secara teratur.

Jika Anda memiliki kulit yang berminyak, Anda dapat menggosokkan irisan lemon ke area yang terkena milia, biarkan hingga cairan alami lemon meresap, lalu bilas dengan air.

Apabila Anda memiliki jenis kulit yang kering atau sensitif, Anda dapat menambahkan air atau air mawar ke dalam treatment lemon di atas untuk mengurangi sifat asamnya yang dapat membuat kulit semakin kering atau sensasi terbakar.

Telur
Retinol dan retinol ester merupakan dua senyawa yang terkandung di dalam telur dan banyak dimanfaatkan di dalam produk perawatan kulit. Kedua senyawa ini merupakan bentuk alami dari vitamin A dan dapat membantu mempercepat proses pergantian kulit sehingga bermanfaat untuk menghilangkan milia Selain itu, retinol juga merupakan anti-oksidan yang cepat diserap oleh kulit dan juga bermanfaat untuk meningkatkan produksi kolagen yang bermanfaat untuk menjaga elastisitas kulit.

Cara menggunakannya? Cukup ambil bagian telur berwarna putih lalu campurkan dengan ½ sdt minyak almond, 1 sdm madu, dan 1 sdm yoghurt tawar. Aduk hingga rata dan aplikasikan campuran ini sebagai masker wajah. Biarkan selama 30 menit lalu bilas dengan air hangat. Milia yang ada di wajah Anda dijamin hilang secara perlahan setelah rutin menggunakan masker ini selama tiga kali seminggu. (vemale.com/Desy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.