5 Bahan Kimia pada Makeup Mata Yang Perlu Dihindari

Avatar of PortalMadura.com
5 Bahan Kimia pada Makeup Mata Yang Perlu Dihindari
Ilustrasi (popmam.com)

PortalMadura.Com merupakan salah satu bagian penting ketika bermakeup. Oleh karena itu, banyak produk riasan mata yang beredar di pasaran bahkan dengan harga yang sangat murah.

Bagi Anda yang ingin menampilkan riasan mata yang memukau, sebaiknya gunakan produk-produk yang aman untuk area kulit wajah terutama mata. Karena ternyata, ada beberapa berbahaya yang dijadikan bahan untuk riasan mata.

Jika kandungan kimia berbahaya pada produk riasan mata digunakan terus menerus pada kulit maka pasti akan menimbulkan dampak buruk. Seperti kanker kulit, alergi pada kulit dan lain sebagainya. Oleh karena itu, Anda harus tahu bahan apa saja yang harus dihindari pada riasan mata.

Lantas, bahan kimia apa saja yang harus dihindari? Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman popmama.com, berikut ini penjelasannya:

Benzalkonium Klorida Memiliki Efek Samping Berupa Iritasi

Bahwa Benzalkonium Klorida (BAK) sering ditemukan dalam berbagai produk pembersih atau sebagai campuran dalam obat tetes mata. Namun, sebagian juga ada pada pengawet yang ditemukan di eyeliner, maskara dan penghapus riasan.

BAK pun cukup sensitif jika digunakan, karena bisa menjadi racun bagi sel-sel epitel mata. Apabila terdapat produk yang Anda miliki mengandung benzalkonium klorida, maka efek sampingnya berupa iritasi. Bahkan mengalami kemerahan atau bengkak di kulit.

Artinya, produk mata yang ada kandungan benzalkonium klorida. Terutama bagi yang alergi terhadap bahan ini. Jadi selalu perhatikan kandungan yang di kemasan produk dan segera konsultasikan dengan dokter.

Karbon Hitam Sering Dikaitkan dengan Kanker

Karbon hitam merupakan bahan kimia yang biasa ditemukan pada produk makeup mata. Salah satunya eyeliner, maskara dan eyeshadow. Bahwa karbon hitam sendiri terbilang sangat buruk, karena dikaitkan dengan kanker dan toksisitas sistem organ.

Bahwa bahan kimia ini sering diberi label sebagai karbon hitam, D & C Black No.2, hitam asetilen, hitam saluran, hitam tungku, hitam lampu dan hitam termal.

Diwartakan dari Safecosmetics

karbon hitam merupakan bubuk hitam pekat yang digunakan sebagai pigmen dalam kosmetik seperti eyeliner dan maskara. Karbon hitam dihasilkan oleh pembakaran tidak sempurna dari produk berbasis karbon.

Paraben Bisa Menyebabkan Dermatitis Kontak

Waspada, produk makeup yang terdapat kandungan paraben. Jenis pengawet ini sangat cepat diserap melalui kulit dan mudah ditularkan ke aliran darah. Saat Anda menggunakan produk dengan paraben, tubuh pun dapat menyerapnya melalui kulit.

Bahkan bahan sekelompok kimia tersebut juga pengganggu endokrin dan terkait dengan toksisitas reproduksi, pubertas dini dan kanker payudara. Bahkan membahayakan kesuburan dan meningkatkan risiko kanker.

Produk yang mengandung paraben bisa mengiritasi. Beberapa orang mungkin sensitif terhadap paraben, yakni dapat menyebabkan iritasi kulit. Termasuk dermatitis kontak (ruam alergi).

Prime Yellow Carnauba Wax Menyebabkan Mata Kering

Meski riasan mata menjadi bagian penting dari rutinitas Anda, namun perlu memperhatikan kandungan kimia di dalam produk. Prime yellow carnauba wax adalah salah satunya.

Bahwa prime yellow carnauba wax memang digunakan dalam produk makeup dan perawatan pribadi untuk mencegah pemisahan elemen cair maupun minyak. Termasuk membantu memberikan strukturnya, sehingga dapat dicetak dan dibentuk.

Apabila digunakan dalam maskara dan eyeliner, maka efek sampingnya mungkin menyumbat kelenjar minyak di mata Anda. Selain itu menyebabkan mata menjadi kering.

Titanium Dioksida Membuat Mata Kemerahan atau Iritasi

Bahwa titanium dioksida juga banyak digunakan sebagai penambah warna dalam kosmetik, salah satunya makeup khusus mata dan krim tabir surya.

Biasanya titanium dioksida bersifat fotosensitif, yang artinya dapat merangsang produksi radikal bebas. Terutama saat dilapisi silika atau alumina untuk mencegah potensi kerusakan sel tanpa mengurangi sifat pelindung UV.

Ada kekhawatiran, penggunaan makeup yang mengandung titanium dioksida dapat terserap melalui kulit. Efek samping yang mungkin terjadi adalah kulit jadi lebih sensitif dan kemerahan atau iritasi.

Itulah beberapa bahan kimia berbahaya pada makeup mata. Sebaiknya memilih alternatif kandungan alami yang dapat menjaga mata terhidrasi.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.