7 Cara Mudah Rambut Wangi Meski Berhijab

  • Bagikan
7 Cara Mudah Rambut Wangi Meski Berhijab
Ilustrasi (humairoh.com)

PortalMadura.Com – Seorang muslimah yang mengenakan hijab harus lebih memperhatikan kebersihan rambutnya. Karena biasanya, rambut yang ditutupi hijab sepanjang hari akan cenderung bermasalah. Seperti lepek, berminyak, berketombe, rontok, bau dan lain sebagainya. Hal ini disebabkan sirkulasi udara didalamnya dan keringat yang bertumpuk.

Oleh karena itu, berhijab bukan berarti menutupi semua masalah rambut yang dialami. Namun, seorang muslimah harus merawat rambutnya terutama dari bau. Karena hal ini sangat berpengaruh pada rasa percaya diri. Agar rambut muslimah tetap wangi meskipun berhijab, sebaiknya lakukan beberapa cara ini. Apa saja?

Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman popmama.com berikut beberapa cara jaga rambut tetap harum saat berhijab:

Keramas Secara Rutin

Keramas memang kegiatan paling ampuh yang dapat Anda lakukan agar terhindar dari rambut yang bau. Maka dari itu, usahakan untuk keramas setiap 2 hari sekali.

Dengan mengeramas rambut, maka minyak dan bau yang menempel dapat luruh dengan mudah sehingga Anda pun akan nyaman saat mengenakan kerudung dalam keadaan rambut yang bersih dan wangi.

Jika Anda merasa keringat di kulit kepala Anda cukup berlebih, maka gunakan sampo dengan wangi yang kuat agar lebih tahan lama menempel di rambut Anda.

Mulai sekarang, jangan pernah malas untuk melakukan rutinitas yang satu ini ya!

Keringkan Rambut Sebelum Memakai Hijab

Poin yang satu ini lah yang paling sering di acuhkan oleh sebagian perempuan. Kebanyakan dari mereka malas mengeringkan rambut, sehingga mereka langsung mengenakan ciput dan hijabnya saat rambutnya masih dalam keadaan basah setelah keramas.

Nah, untuk menghindari hal tersebut, maka ada baiknya jika Anda memberikan jangka waktu lebih banyak untuk mengeringkan rambut sebelum Anda bersiap-siap pergi.

Berilah jangka waktu kurang lebih 30 menit untuk mengeringkannnya dengan hair dryer. Dengan memberikan jangka waktu lebih, Anda jadi tidak perlu terburu-buru, kan?

Aplikasikan Dry Sampo Jika Tidak Sempat Keramas

Ada saatnya ketika Anda malas atau dikejar oleh waktu sehingga Anda tidak sempat untuk keramas.

Jangan khawatir rambut Anda akan bau, karena kini Anda dapat mengaplikasikan dry sampo untuk menggantikannya.

Gunakanlah dry shampoo pada area rambut yang berminyak dan berbau. Hanya dengan hitungan detik, voila rambut Anda akan segera harum dan pastinya bebas minyak!

Rawat Kebersihan Rambut dengan Bahan Alami

Merawat rambut agar tetap wangi dan tidak bau bukan hanya dengan sampo. Anda juga dapat merawatnya dengan bahan-bahan alami.

Salah satunya adalah dengan cuka apel, jeruk, tomat, hingga baking soda. Dengan memanfaatkan bahan-bahan alami, maka rambut Anda bukan hanya wangi namun rambut Anda pun dapat tumbuh dengan sehat.

Perhatikan Kondisi Ciput

Ciput merupakan dasar dari hijab. Ciput yang akan menempel langsung pada rambut dan kulit kepala agar tidak licin saat mengenakan hijab.

Mengingat penggunaannya yang langsung menyentuh kulit kepala dan rambut, maka bukan tidak mungkin jika ciput lebih cepat bau.

Maka dari itu, gantilah ciput setaip 2 hari sekali atau saat ciput Anda sudah berbau tidak sedap. Dengan begitu, rambut Anda pun jadi tidak akan bau dan Anda akan tampil modis dan percaya diri.

Pilih Bahan Hijab yang Mudah Menyerap Keringat

Bukan hanya hijab, Anda juga perlu memilih bahan hijab yang mudah menyerap keringat. Bahan yang panas hanya akan membuat Anda berkeringat dan bau rambut.

Maka dari itu, pilihlah bahan yang mudah menyerap keringat untuk aktivitas yang padat. Namun jika aktivitas hanya di dalam ruangan, maka tidak ada masalah jika kamu menggunakan hijab dengan bahan yang tidak menyerap keringat.

Gunakan Parfum dari Awal, Bukan Setelah Berbau

Jangan kira jika Anda menyemprotkan parfum maka bau yang menempel akan sirna. No, justru itu hanya akan membuat aromanya semakin tidak sedap.

Maka dari itu, ada baiknya jika Anda menyemprotkan parfum sebelum Anda memakai hijab dan ciput. Jangan tunggu berkeringat dulu ya!

Nah, itulah beberapa tips agar rambut tetep harum dan tidak berbau saat mengenakan hijab. Jangan sampai membuat orang disekitar Anda terganggu akan bau yang tidak sedap ya, apalagi jika itu sudah mengganggu kepercayaan diri.

Selamat mencoba!

Rewriter: Desy WulandariRujukan: popmama.com
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.