oleh

5 Bahaya Jika Anda Terlalu Lama Duduk

PortalMadura.Com – Coba Anda ingat-ingat, dalam sehari berapa lama Anda duduk? Mulai dari mengetik di depan laptop kantor, berkendara berangkat dan pulang kantor, makan siang, hingga nonton TV di rumah. Nyaris semua aktivitas yang Anda lakukan dilalui dengan duduk ‘kan? Selain membuat otot dan sendi lebih lemah serta kaku karena kurang aktif bergerak, duduk terlalu lama juga dapat memperlambat metabolisme tubuh. Hal ini tentu akan menyebabkan penurunan kinerja tubuh dalam mengatur tekanan darah, menjaga kadar gula darah, serta memproses lemak, sehingga meningkatkan risiko terjadinya berbagai macam penyakit. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa orang yang pekerjaannya lebih banyak duduk dinilai berisiko 2 kali lipat untuk mengalami serangan jantung dibandingkan orang yang banyak bergerak dalam pekerjaannya.

Masalah kesehatan yang muncul dari kebiasaan ini juga tidak sepele. Terdapat berbagai masalah yang mungkin muncul seperti pembekuan darah bahkan hingga munculnya penyakit jantung. Sebagaimana yang dilansir dari Fimela.com yang mengutip dari Merdeka.com, Senin (17/5/2021) inilah 5 jenis penyakit yang bisa muncul akibat terlalu lama duduk :

Depresi dan Kecemasan

Dalam sebuah penelitian membuktikan bahwa semakin sering kita bergerak, maka akan semakin mudah bahagia dan gembira kita dalam sehari-hari. Namun apabila sebaliknya, jika kita menghabiskan lebih banyak waktu dengan duduk tanpa bergerak maka akan memicu Depresi dan kecemasan yang berlebihan.

Nyeri Leher dan Pinggang

Selain pada otot, duduk terlalu lama juga dapat memberikan tekanan berlebih pada tulang belakang, terutama di bagian pinggang. Hal ini dapat meningkatkan risiko terjadinya hernia nukleus pulposus yang dapat menyebabkan nyeri kronis.

Risiko Penyakit Kanker

Meski alasannya belum dapat dipastikan, riset menemukan adanya keterkaitan antara sering duduk terlalu lama dengan meningkatnya risiko terkena beberapa jenis kanker, seperti kanker kandung kemih atau kanker usus. Risiko kanker usus dan endometrial ini akan meningkat ketika kamu terlalu lama duduk bahkan ketika disertai dengan olahraga. Hal ini terjadi karena peradangan, bertambahnya berat badan, serta perubahan lain.

Tulang Melemah

Aktivitas berdiri dan berjalan bisa memberi tekanan pada tulang dengan cara yang baik. Hal ini bisa membuat sel khusus untuk mengganti jaringan lama dengan yang baru. Namun saat Anda duduk terlalu lama, maka tulang lebih lemah dan kamu memiliki risiko osteoporosis lebih besar terutama semakin kamu menua.

Perut buncit

Duduk terlalu lama dapat menyebabkan berkurangnya produksi lipoprotein lipase yang berfungsi untuk mengolah lemak dan gula tubuh. Jadi, duduk terlalu lama bisa menyebabkan lemak dalam tubuhmu menumpuk. Kamu juga lebih berisiko terkena sindrom metabolik yang ditandai dengan kenaikan berat badan dan perut buncit.

Nah, itulah beberapa bahaya jika Anda duduk terlalu lama, maka setelah membaca ini, hendaklah hindari duduk tanpa bergerak selama seharian, minimal bawalah tubuh Anda, jalan-jalan ringan setiap 2 jam sekali, hal itu akan sangat membantu menjaga tubuh Anda agar terhindar dari hal-hal yang tidak di inginkan.

Rewriter : Fianolita Purnaningtias
Sumber : Merdeka.Com

Komentar