oleh

5 Biji-bijian Rendah Karbohidrat Yang Baik Untuk Kesehatan

PortalMadura.Com – Biji-bijian merupakan salah satu sumber karbohidrat, nutrisi yang bermanfaat untuk menyediakan energi bagi tubuh agar dapat beraktivitas. Ada beberapa rekomendasi biji-bijian rendah karbohidrat yang cocok dikonsumsi oleh orang yang sedang menjalani diet. Meski rendah karbohidrat, jenis biji-bijian ini tetap mengandung nutrisi lain yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Dilansir dari laman Alodokter.Com, Sabtu (22/5/2021), berikut adalah rekomendasi biji-bijian rendah karbohidrat yang bisa kamu pilih:

Beras merah

Beras merah kaya akan antioksidan, seperti polifenol, antosianin, dan flavonoid, serat, serta beragam vitamin dan mineral yang diperlukan oleh tubuh. Tidak hanya baik untuk mendukung keberhasilan diet, konsumsi beras merah juga dapat mengurangi risiko terkena berbagai macam penyakit, seperti diabetes, stroke, dan penyakit jantung.

Oat

Oat termasuk jenis biji-bijian yang populer untuk mengontrol berat badan. Dalam satu cangkir (35 gram) oat yang sudah matang, terdapat kurang lebih110 kalori, 8 gram serat, dan 21 gram karbohidrat. Oat kaya akan beta-glukan, yaitu jenis serat yang diketahui dapat mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL), sehingga menurunkan risiko penyakit jantung. Biji-bijian rendah karbohidrat ini juga baik dikonsumsi untuk mengontrol kadar gula darah dan menyehatkan pencernaan.

Quinoa

Quinoa merupakan salah satu sumber serat dan antioksidan polifenol. Nutrisi ini dapat membantu melancarkan pencernaan, mengurangi peradangan, dan mengurangi risiko terjadinya berbagai penyakit kronis, seperti diabetes dan hipertensi.

Jagung

Jagung termasuk salah satu jenis biji-bijian rendah karbohidrat dan kalori. Dalam 100 gram jagung, hanya terkandung 95 kalori dan sekitar 20 gram karbohidrat. Selain itu, jagung kaya akan serat, antioksidan, vitamin B, magnesium, folat, dan fosfor.

Barley

Barley atau jelai merupakan jenis biji-bijian yang kaya akan serat dan rendah karbohidrat. Dalam satu cangkir atau sekitar 150 gram barley matang, terdapat sekitar 6 gram serat dan 38 gram karbohidrat.

Rewriter : Raudatul Fitrah
Sumber : Alodokter.Com

Komentar