5 Bintik yang Tak Boleh Dipencet, Hati-hati!

Avatar of PortalMadura.Com
5 Bintik yang Tak Boleh Dipencet, Hati-hati!
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Jerawat yang tumbuh di wajah memang selalu bikin risih. Apalagi jika jerawat itu terpampang jelas di bagian wajah yang tidak bisa ditutupi, tangan terasa sangat ingin memencetnya. Namun, jangan lakukan hal tersebut karena dapat menyebabkan infeksi pada kulit.

Perlu Anda ketahui, ada beberapa bintik atau benjolan lain yang sebenarnya tidak boleh Anda pencet. Seperti apa? Berikut ini penjelasannya:

Rambut yang Tumbuh ke Dalam
Rambut yang tumbuh ke dalam ini sungguh menggoda untuk mencabutnya atau memencetnya. Tapi cara terbaik yaitu membiarkannya saja.

Jika rambut tertanam kuat, maka dokter kulit mungkin perlu melepaskan ingrown dengan jarum steril. Anda hanya perlu menjaga tangan Anda sendiri.

Cold Sores
Jangan coba-coba menyentuh cold sores Anda dengan tisu, karena ini bisa menyebar. Cold sores disebabkan oleh virus herpes simpleks-1 sehingga sangat menular.

Cold sores ini berbeda dengan sariawan. Jika sariawan muncul di mulut bagian dalam, cold sores biasanya muncul di bibir atau mulut bagian luar.

Dr Cook mengatakan Anda bisa saja menyebut cold sores dengan jerawat biasa karena rasa kesemutan biasanya menyertai cold sores.

Milia
Ini merupakan tonjolan putih kecil yang pernah Anda lihat muncul di wajah Anda dari waktu ke waktu, yang tidak boleh dipencet atau dicabut.

Untuk menghilangkannya, Anda harus mendapatkan bantuan seorang profesional dengan jarum halus untuk memecahkan permukaan dan mengeluarkan kista.

Sandpaper atau Chicken Skin
Kondisi ini mungkin Anda alami saat masih kecil. Menurut NHS, benjolan kecil ini dikenal juga sebagai keratosis pilaris, kondisi yang sangat umum, tidak berbahaya meski muncul pada kulit Anda.

Jerawat Cystic
Kalau Anda mengalami jerawat Cystic alias jerawat batu, jangan langsung memencetnya karena jerawat ini tertanam sangat dalam. Memencetnya bisa menjadi Penyebab munculnya jerawat dan berisiko mengalami jaringan parut sehingga berbekas, bahkan terlihat bolong.

Apabila Anda mengalami jerawat batu, cobalah mencari saran dari dokter kulit untuk penanganannya.

Mana yang Boleh? Kalau kelima bintik di atas dilarang dipencet, lantas jenis bintik mana yang bisa dipencet? Komedo dan whiteheads, tetapi mereka harus tepat di permukaan kulit, dan Anda harus selalu menggunakan tisu.

Nah, selain dengan memencet komedo. Anda juga bisa membersihkannya dengan air perasan jeruk lemon maupun jeruk nipis. (merdeka.com/Desy)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.