Orang Tua, Lakukan 3 Hal Ini Saat Anak Berkelahi dengan Saudara

Avatar of PortalMadura.com
Orang Tua, Lakukan 3 Hal Ini Saat Anak Berkelahi dengan Saudara
ilustrasi

PortalMadura.Com dengan saudara sendiri sesekali memang merupakan suatu hal yang wajar terjadi. Namanya juga kakak adik, ada kalanya perasaan tidak mau mengalah atau egois di antara keduanya sehingga pertikaian pun terjadi.

Sebagai orang tua, Anda tidak perlu terlalu khawatir. Sebab, di balik pertengkaran itu, tidak selamanya dampak buruk yang bisa didapat, justru ada sisi positif di dalamnya. Misalnya, anak Anda akan belajar mengalah, meminta maaf, menyelesaikan masalah, mencari solusi, dan toleransi.

Hal ini merupakan pelajaran bagus bagi anak-anak untuk mengetahui karaker saudaranya. Di samping itu, anak akan belajar kehidupan yang sesungguhnya dari rumah. Sebab, di luar rumah nantinya mereka juga akan menghadapi banyak konflik, terutama di pergaulan.

Lantas, apa yang perlu orang tua lakukan pada anak?. Berikut caranya:

Tak Perlu Ikut Campur Terlalu Sering
Jangan melakukan intervensi terhadap salah satu anak. Biarkan mereka menegosiasikan masalah tanpa bantuan orang dewasa. Sebab, inilah salah satu kemampuan yang harus mereka miliki di lingkungan sekolah dan karier kelak. Beri kesempatan anak menghadapi masalah dan menyelesaikannya sendiri.

Pujilah Anak
Anak-anak senang mendapat pujian, apalagi dari orang tuanya. Pertengkaran anak yang sering terjadi karena cemburu mungkin bisa diatasi dengan memuji keduanya secara adil. Jadi, anak tidak perlu cemburu satu sama lain. Dengan memuji keduanya, mereka akan saling menghargai kelebihan masing-masing dan tahu kelebihan yang mereka punya.

Ajari Anak untuk Sama-sama Mendukung
Jika pertengkaran sering terjadi karena rasa cemburu, maka ajarkanlah anak-anak untuk saling mendukung. Bawa keduanya ke perlombaan atau pertandingan yang melibatkan salah satu di antara mereka.

Misalnya, ajak adik ke pertandingan basket kakak, agar timbul rasa membela saudara. Beli sepotong es krim, dan biarkan adik memberikannya kepada kakak sebagai bentuk dukungan. Lakukan pula hal yang sama ketika adik ikut lomba. Dengan begitu, mereka akan saling mendukung dan menyayangi. (suara.com/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.