5 Cara agar Anda bisa Work From Home dengan Nyaman

Avatar of PortalMadura.com
5 Cara agar Anda bisa Work From Home dengan Nyaman
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Bekerja di rumah atau istilah keren versi english-nya Work From Home (WFH) bukanlah hal baru. Cara ini sudah ada sejak lama dan telah diimplementasikan oleh banyak perusahaan. Namun, belakangan ini gara-gara pandemi virus corona (Covid-19) menyebar dengan cepat, pemerintah pun mengeluarkan himbauan agar perusahaan di Indonesia membuat kebijakan WFH untuk para pekerjanya.

Work from Home atau WFH tidak pernah lebih mudah ketimbang bekerja di gedung kantor perusahaan. Mungkin, WFH terdengar lebih sederhana dan Anda akan memiliki banyak waktu luang untuk bersantai sejenak sambil bekerja. Padahal, ada begitu banyak hal yang bikin Anda tidak begitu nyaman. Waktu bekerja di rumah kerap kali terganggu dan terdistraksi oleh banyak hal.

Seperti pekerjaan rumah, anggota keluarga lainnya, atau juga pekerjaan yang sedang Anda kerjakan. Banyak orang yang justru tidak bisa membagi waktu dengan baik saat WFH. Melansir dari fimela.com dikutip oleh laman Hp Inc, ada 5 cara agar Anda bisa WFH dengan nyaman, dan tugas kantor pun segera terselesaikan.

Atur Ruang Kerja
Jangan hanya duduk di tempat tidur untuk membuka laptop dan bekerja. Cobalah mencari lokasi atau sudut yang strategis sebagai area kerja Anda. Anda sebaiknya memilih lokasi yang mendapat sinar matahari, tidak terlalu sempit, dan dekat dengan sumber listrik untuk memudahkanmu bekerja.

Buat Jadwal
Meski bekerja di rumah, Anda juga tetap harus mengatur dan membuat jadwal kerja. Sehingga, Anda tidak akan menunda pekerjaan karena berbagai gangguan di rumah. Juga, tetapkanlah jam kerja di rumah untuk membantumu fokus selagi memerhatikan kapan harus beristirahat di sela-sela pekerjaan.

Jangan Lupa Istirahat
Jangan terlalu memaksakan dirimu untuk terus bekerja hingga lupa beristirahat. Gunakan waktu untuk makan siang, sembari beristirahat dan berbincang bersama keluarga atau kolega melalui telepon.

Jalin Komunikasi yang Baik dengan Tim
Bekerja jarak jauh memang tidak semudah mengatur pekerjaan saat Anda bertatap muka dengan para kolega. Namun, selama WFH berlangsung, Anda tetap harus menjaga komunikasi dengan teman-teman satu tim. Anda bisa memanfaatkan Microsoft Teams atau perangkat lunak kolaborasi lainnya yang bisa menjalin komunikasi virtual dengan kolega.

Bersosialisasi
Meskipun Anda jauh dari anggota tim lainnya, Anda harus tetap menjalin hubungan baik. Tanamkan pola pikir positif yang akan membantumu menyesuaikan diri dengan cara baru dalam bekerja kali ini. Jangan lupa untuk bersosialisasi sekalipun harus melalui jarak jauh.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.