oleh

5 Cara Ajarkan Anak Membaca Buku

PortalMadura.Com – Mengajarkan anak membaca buku sejak dini selain untuk melatih motoriknya juga sebagai bentuk interaksi antara orang tua dengan si kecil. Karena itu, disarankan untuk tidak hanya sekadar membaca kata demi kata agar terjalin hubungan menarik dengan anak.

Apalagi mengajarkan si kecil dengan cara yang tepat, orang tua terutama seorang ibu bisa menularkan kebiasaan membaca dan manfaatnya pada anak. Sebagaimana Mommy Intan Sukma Utami melalui Babyologist, berbagi cara mengenalkan kebiasaan membaca buku pada anak, yaitu misalnya di buku ada gambar rubah dan kucing. Kita tanya, “Nah yang mana yang rubah dek?”. Kendatipun anak belum mengerti, dia akan merespon pertanyaan Anda dengan bahasanya sendiri.

Baca Juga: Moms, Ini Cara Ampuh Bikin Anak Anda Gemar Membaca

Lalu kita bisa melanjutkan, “Iyaa, yang ini rubah, yang warna cokelat. Warna apa rubahnya dek? Coklaattt”.

Selain itu, berikut ini lima cara lain yang bisa Anda terapkan untuk mengajarkan si kecil membaca, seperti dilansir PortalMadura.Com, Senin (26/8/2019) pada laman Liputan6.com:

Pilihan Buku

Hal ini memang penting Anda lakukan, sebab apa yang ada di dalam buku berpengaruh terhadap ketertarikan si kecil. Seperti buku dengan warna cerah, banyak gambar, atau buku yang punya fitur musik dan unik.

Sebaiknya buku yg diberikan lembarannya terbuat dari kertas tebal, dan pinggirannya tidak tajam demi keamanan anak, dan bisa juga buku yg terbuat dari kain.

Intonasi Suara

Gunakan intonasi suara yang berbeda-beda untuk setiap kata. Anda juga bisa mengubah suara Anda seperti karakter dalam buku tersebut agar anak senang, tertarik, dan tetap fokus pada aktivitas membaca.

Luangkan Waktu

Membaca bisa dilakukan kapanpun. Tidak pula harus pada waktu-waktu tertentu. Hanya beberapa menit saja juga tidak masalah yang penting sering dilakukan.

Tidak harus dari Halaman Pertama

Lebih simpel lagi, misalkan si kecil sudah bisa membuka buku, biarkan dia yang membuka buku itu. Halaman mana yang terbuka, dari sanalah Anda memulai. Jadi, Anda tidak harus membacanya sejak halaman paling pertama.

Membaca di Hadapannya

Biasakanlah untuk membaca buku di hadapan anak. Pasalnya, si kecil cenderung akan meniru orang-orang di sekitarnya. Dengan begitu, anak akan ikut tertarik membaca.

Rewriter : Salimah
Sumber : liputan6.com

Komentar