oleh

5 Cara Ajarkan Anak Menggunakan Toilet Dengan Baik

PortalMadura.Com – Toilet adalah tempat umum seseorang untuk buang air kecil hingga buang air besar, hal ini yang menyebabkan toilet membutuhkan perawatan yang tinggi agar terjaga kebersihannya.

Untuk itu penting Anda mengajarkan pada anak cara menjaga kebersihan toilet, baik toilet rumah maupun di tempat umum.

Dilansir dari laman Popmama.Com, Rabu (24/2/2021), berikut hal yang perlu diajarkan pada anak saat menggunakan toilet:

Tutup Penutup Toilet Sebelum Melakukan Penyiraman

Saat anak menyentuh permukaan atas toilet, kuman akan berpindah ke tangannya. Kemudian anak tidak sengaja menyentuh wajah atau makanan dengan tangan yang terkontaminasi, sehingga berpotensi membuat anak jadi sakit. Ajarkan anak untuk selalu menutup toilet sebelum pembilasan agar kuman tidak terbang. Ini menurunkan risiko anak terkena kuman berbahaya.

Jaga Kebersihan Kursi Toilet

Cara yang lebih baik untuk menangani dudukan toilet yang tidak bersih adalah dengan menggunakan pembersih dudukan toilet. Ajarkan pada anak untuk menuangkan atau menyemprotkan cairan pembersih ke selembar tisu toilet dan membersihkan dudukan toilet sebelum dan sesudah digunakan.

Gunakan Toilet dengan Urinal Sanitiser

Untuk menjaga kebersihan toilet yang mudah dan efektif, Anda bisa mengajarkan pada anak untuk menggunakan toilet dan urinal sanitiser. Urinal sanitiser ini membantu meminimalisir penyebaran kuman pada toilet.

Cuci Tangan Hingga Bersih Menggunakan Sabun

Saat didalam toilet anak menyentuh benda yang ada di dalam toilet. Ajarkan pada anak untuk selalu menecuci tangan saat keluar dari toilet menggunakan sabun.

Keringkan Tangan Dengan Alat Pengering Otomatis

Permukaan yang lembab memberikan lingkungan yang lebih kondusif bagi bakteri untuk berkembang biak. Solusinya adalah dengan biasakan anak untuk mengeringkan tangan pada pengeringan tangan otomatis tanpa harus anak menyentuhnya.

Rewriter : Raudatul Fitrah
Sumber : Popmama.Com

Komentar