oleh

5 Cara Alami Obati Ambeien, Apa Saja?

PortalMadura.Com – Mengalami ambeien tentu bisa mengganggu segala aktivitas. Ambeien atau wasir ini merupakan kondisi meradang atau membengkaknya pembuluh darah di sekitar anus.

Penyebabnya pun dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Kurang makan buah dan sayur bisa menjadi penyebab ambeien. Selain itu jarang berolahraga, terlalu lama duduk, sering mengangkat beban yang berat juga merupakan penyebab ambeien.

Adapun gejala yang paling sering muncul pada ambeien adalah pendarahan pada saat buang air besar dan adanya rasa tidak nyaman pada anus.

Sebenarnya, penyakit ambeien dapat diobati dengan dua cara yaitu tanpa operasi dan dengan proses operasi. Sebelum memilih jalur operasi, Anda dapat mengobati ambeien dengan proses alami.

Berikut lima cara menghilangkan ambeien secara alami:

Bawang Putih
Bawang putih yang biasa digunakan untuk bumbu masakan ini dapat digunakan untuk menyembuhkan ambeien. Kandungan antioksidan dan antibakteri yang terdapat dalam bawang putih dapat digunakan untuk pengobatan ambeien.

Cara menggunakannya, tumbuk halus bawang putih kemudian oleskan di sekitar anus. Selain itu, Anda juga bisa meminum jus bawang putih. Lakukan secara rutin untuk melawan bakteri yang menyebabkan ambeien.

Menggunakan Cuka Apel
Cara selanjutnya untuk menyembuhkan penyakit ambeien adalah dengan cuka apel. Cuka apel dapat membunuh bakteri dan mengobati inflamasi. Gunakan kapas yang direndam cuka apel, kemudian kompres selama 30 menit. Jika terasa sangat pedih, bisa campur cuka dengan sedikit air hangat.

Loading...

Menggunakan Lidah Buaya
Lidah buaya yang biasa digunakan dalam dunia kecantikan juga bisa untuk menyembuhkan ambeien. Zat yang terkandung pada lidah buaya berfungsi sebagai antioksidan dan detoksifikasi tubuh secara alami. Minum jus lidah buaya secara rutin dapat membantu menghilangkan benjolan ambeien.

Baca Juga: Ambeien atau Wasir Bisa Diredakan dengan 4 Cara Sederhana Ini

Kulit Manggis
Kandungan xanthone pada kulit manggis berfungsi sebagai anti peradangan. Kulit manggis mampu menghambat enzim pemicu peradangan. Oleh kerena itu, kulit manggis dapat digunakan untuk pengobatan ambeien. Rebus kulit manggis yang telah dikeringkan sebelumnya. Konsumsi setiap hari untuk dapat menyembuhkan ambeien.

Akar Kangkung
Sayuran yang biasa Anda konsumsi ini juga dapat digunakan untuk menyembuhkan ambeien. Namun bukan daunnya yang digunakan, melainkan akar daun kangkung. Zat vitamin A, vitamin B1, vitamin C, protein, kalsium, fosfot, dan zat besi pada kangkung dapat membantu menyembuhkan ambeien.

Caranya, rebus akar kangkung dengan 2 gelas air. Rebus hingga menyisakan 1 gelas air dan konsumsi air rebusan akar kangkung tersebut setiap hari.

Terdapat beberapa pantangan penyakit ambeien, salah satunya berkaitan dengan makanan yang dikonsumsi. Makanan yang sedikit serat dapat menyebabkan ambeien. Dengan mengonsumsi makanan yang tinggi serat juga dapat membuat pencernaan Anda lebih lancar.


Rewriter : Salimah
Sumber : detik.com

Komentar