Ambeien atau Wasir Bisa Diredakan dengan 4 Cara Sederhana Ini

Avatar of PortalMadura.com
Ambeien atau Wasir Bisa Diredakan dengan 4 Cara Sederhana Ini
Ilustrasi

PortalMadura.Com – atau wasir merupakan salah satu penyakit karena keluarnya benjolan yang terbentuk di anus atau pada ujung rektum. Penyakit ini umumnya terjadi pada orang dewasa. Biasanya jika parah atau terjadi peradangan akan terjadi pendarahan sehingga mengganggu buang air besar.

Penyebabnya bisa bermacam-macam, tapi umumnya karena kehamilan dan melahirkan, faktor keturunan dan masalah pencernaan lainnya. Masalah ambeien ini bisa dihilangkan dengan melakukan operasi. Namun, sesungguhnya terdapat cara alami untuk mengobati ambeien ini. Bagaimana caranya?

Berikut ini penjelasannya:

Konsumsi Makanan Kaya Serat
Untuk mencegah akumulasi tinja yang berat dan konstipasi, seseorang perlu mengatur menu makannya. Pola makan yang sehat dan kaya dengan serat juga bisa mencegah terjadinya ambeien.

Jumlah asupan serat yang disarankan setiap harinya berkisar antara 30 hingga 35 gram. Jenis makanan sehat yang bisa dipilih adalah avokad, berry-berryan, figs, labu, serta biji-bijian. Berdasar sebuah penelitian yang diterbitkan pada U.S. National Library of Medicine, pola makan ini bisa menurunkan risiko gejala ambeien hingga 50 persen.

Minum Cukup Air
Mengonsumsi cukup air ternyata tidak hanya baik bagi kesehatan tubuh namun bisa menghindari masalah ini. Jumlah air yang cukup pada tubuh sudah lama diketahui berhubungan dengan pencernaan seseorang.

Berdasar sebuah penelitian, konsumsi air yang cukup diketahui bisa mencegah konstipasi. Hal ini bisa membuat kebutuhan serat yang ada dalam tubuh berjalan dengan lancar pada sistem pencernaan tubuh. Dosis yang disarankan untuk diminum adalah segelas setiap makan atau ngemil setiap hari.

Baca Juga: THR PNS di Sumenep Capai Rp 40 Miliar Lebih

Hindari Makanan Pedas dan Alkohol
Keberadaan air di dalam tubuh merupakan kunci bagi pencernaan yang lebih baik. Masalah pencernaan yang terjadi pada tubuh ini bisa berujung pada terjadinya ambeien.

Konsumsi alkohol dan makanan pedas bisa membuat tubuh menjadi dehidrasi sehingga mempengaruhi sistem pencernaan tubuh. Hal ini nisa membuat ambeien yang kamu miliki jadi semakin parah.

Jangan Mengejan
Mengejan ketika buang air besar memang kadang menghadirkan perasaan lega setelahnya. Namun, hal ini ternyata menjadi salah satu penyebab terjadinya ambeien.

Ketika Anda mengalami konstipasi, mengejan bisa jadi sangat menyakitkan dan lebih tidak nyaman jika Anda memiliki ambeien. Lebih lanjut, sebaiknya Anda tidak menunda buang air besar agar tidak mengalami hal seperti ini.

Sejumlah cara ini bisa Anda lakukan untuk membuat pencernaan Anda semakin sehat. Kondisi pencernaan yang sehat merupakan jalan agar terhindar dari masalah ambeien ini.

 

 

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.