oleh

5 Cara AlamiTiruskan Wajah yang Tembem

PortalMadura.Com – Bagi sebagian orang mempunyai pipi tembem merupakan hal yang bisa mengganggu penampilan. Bahkan bisa membuat kurang percaya diri. Oleh karena itu, banyak cara yang dilakukan untuk membuat pipi tirus. Mulai dari setrika wajah, mengonsumsi pil dan lain sebagainya, yang tentunya dengan biaya yang mahal.

Namun ternyata, ada beberapa cara alami yang bisa membuat pipi tembem menjadi tirus. Apa saja? Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman popmama.com yang dikutip dari Times of India, berikut ini penjelasannya:

Gempur Rokok Ilegal Pemkab Sumenep

BACA : Jelang Liga 3 Jatim 2021, Madura FC Masih Butuh Empat Laga Uji Coba

Lakukan Senam Wajah

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Clinical & Diagnostic Research, melakukan latihan wajah dapat mengurangi penuaan dan mengencangkan otot-otot wajah.

Caranya adalah melakukan gerakan seperti meniup balon dengan menggembungkan pipi, kemudian mengembalikannya lagi ke dalam bentuk semula. Selanjutnya dengan gerakan smiling fish, yakni dengan mengisap pipi ke dalam hingga menyerupai bentuk wajah ikan.

Lepaskan dan lanjutkan dengan senyum lebar hingga menampilkan semua gigi. Lakukan gerakan meniup balok dan smiling fish secara bergantian dua kali sehari selama 8 minggu.

Penelitan menyebut, melakukan senam wajah dua kali sehari selama 8 minggu dapat memperkuat otot dan meningkatkan peremajaan wajah.

Perlu diingat bahwa penelitian tentang efektivitas senam wajah untuk menghilangkan lemak secara khusus masih kurang. Diperlukan lebih banyak penelitian untuk mengevaluasi bagaimana latihan ini dapat memengaruhi lemak wajah pada manusia.

Rajin Minum Air Putih

Minum air putih merupakan cara mudah untuk menghilangkan lemak di wajah. Selain menghilangkan lemak, minum cukup air putih juga penting untuk kesehatan secara keseluruhan.

Minum segelas air sebelum makan dapat membantu merasa lebih kenyang sehingga mengurangi jumlah total kalori yang dikonsumsi. Oleh karena itu, minum air sebelum makan dapat menyebabkan penurunan berat badan secara bertahap.

Menurut ulasan pada 2016 tentang hydration and weight loss, mengonsumsi air dapat membuat lipolisis, yakni kondisi yang terjadi ketika tubuh memecah simpanan lemak menjadi asam lemak yang dapat digunakan sebagai energi. Memanfaatkan simpanan lemak ini adalah kunci untuk menurunkan berat badan.

Perbaiki Pola Makan

Memperbaiki pola makan penting dalam proses penurunan berat badan. Mengonsumsi makanan sehat yang kaya akan makronutrien dan mikronutrien dapat membantu menjaga sistem internal tubuh dalam kondisi yang baik dan organ-organ tubuh dapat melakukan semua fungsi dengan efisien.

Ini juga mempercepat metabolisme yang membantu membakar lemak lebih cepat. Makanan yang perlu dihindari untuk dikonsumsi adalah karbohidrat olahan dan sumber lemak tidak sehat.

Ini berkontribusi pada penambahan berat badan dan membuat tubuh rentan terhadap beberapa kondisi kesehatan.

Makanan olahan cenderung mengandung lebih banyak kalori, garam, dan gula daripada makanan utuh. Karbohidrat olahan adalah sekelompok makanan olahan berbahan dasar gandum.

Selama pemprosesan, makanan ini kehilangan serat dan nutrisi. Karbohidrat olahan juga menyebabkan lonjakan cepat dalam gula darah yang dapat mendorong seseorang untuk makan berlebihan.

Seseorang dapat mengurangi asupan kalori mereka dan meningkatkan jumlah nutrisi yang mereka konsumsi dengan makan makanan segar. Ketika dikombinasikan dengan olahraga, diet sehat dapat membantu orang kehilangan lemak berlebih di wajah dan tubuh.

Ubah Jam Tidur

Cara sederhana lainnya untuk mengurangi lemak di wajah yang kerap diabaikan adalah mengubah jam tidur. Tidur tepat waktu selama 7-8 jam penting untuk menurunkan berat badan secara keseluruhan dan membuat wajah terlihat lebih ramping.

Kurang tidur dapat meningkatkan kadar kortisol yang merupakan hormon stres yang memiliki beragam efek samping potensial termasuk bertambahnya berat badan. Ini dapat memengaruhi metabolisme, meningkatkan penyimpanan lemak, bahkan membuat wajah terlihat bengkak keesokan paginya.

Semakin sering begadang, semakin tinggi pula kadar kortisol dalam tubuh. Akibatnya, nafsu makan akan meningkat tetapi proses metabolisme justru berjalan lebih lambat.

Waktu terbaik untuk tidur adalah antara pukul 21.30 hingga 22.30 malam dan bangun antara pukul 5.30 hingga 7 pagi. Cukupilah kebutuhan tidur 7-8 jam setiap malam sebagai salah satu cara efektif memaksimalkan pengurangan lemak di wajah dan tubuh keseluruhan.

Kurangi Asupan Garam

Pada dasarnya, tubuh membutuhkan asupan garam sebagai salah satu sumber utama natrium. Namun, mengonsumsi garam secara berlebihan membuat tubuh menahan lebih banyak air.

Retensi air mengakibatkan pembengkakan pada tubuh, termasuk area wajah, hingga berisiko besar menyebabkan hipertensi atau tekanan darah tinggi. Oleh karena itu, hindari makanan olahan atau cemilan yang mengandung banyak garam. Saat tubuh berhenti menahan cairan, tubuh dan wajah akan jadi terlihat lebih ramping.

Nah, itulah beberapa cara yang patut dicoba untuk mengurangi lemak di wajah. Perlu diingat bahwa cara-cara tersebut bukanlah cara yang instan, jadi bersabar dan teruslah konsisten untuk mendapatkan hasil yang terbaik.

Jika mengalami kesulitan dalam menurunkan berat badan, segeralah berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi untuk mendapatkan rekomendasi program diet yang tepat.

Dapatkan Berita terbaru dari kami via Telegram

Komentar