oleh

5 Cara Aman dan Benar Isi Daya Baterai Ponsel

PortalMadura.com – Saat ini setiap orang sudah tidak bisa dilepaskan dari ponsel, bahkan bagi beberapa orang ponsel merupakan suatu kebutuhan. Menggunakan ponsel terlalu lama dapat membuat baterai Anda cepat habis, maka tidak heran ini akan membuat Anda cemas. Anda akan mencari powerbank atau colokan untuk mengisi daya baterai ponsel Anda.

Namun Anda sering kurang memperhatikan dengan benar tentang pengisian baterai ini. Jika Anda tidak melakukan pengisian dengan benar maka akan mempercepat baterai ponsel Anda rusak. Untuk menghindari hal ini, Anda harus tahu cara mengisi baterai ponsel yang benar dilansir dari laman Liputan6.com, Kamis (28/5/2020)

Jangan Menunggu Baterai Benar-benar Habis

Biasakan untuk tidak menunggu baterai ponsel Anda sampai benar-benar habis, kecuali jika dalam keadaan darurat. Karena hal ini akan merusak baterai ponsel Anda. Kebiasaan ini akan membuat pengisian daya membutuhkan waktu yang lama sehingga suhu ponsel akan semakin panas. Sebaiknya melakukan pengisian baterai jika sudah menunjukkan 30 sampai 40 persen.

Jangan Mengisi Daya Hingga Penuh

Kebiasaan kedua yang harus dihindari yaitu, mengisi daya ponsel hingga sampai penuh dan bahkan di biarkan selama berjam-jam. Padahal cara ini tidak dibenarkan justru dapat membuat ponsel Anda tidak tahan lama. Pada ponsel yang menggunakan baterai tanam dianjurkan untuk mengisi pada kisaran 80 persen.

Gunakan Charger Handphone yang Asli

Charger merupakan suatu alat untuk mengisi daya ponsel Anda dan biasanya bawaan dari ponsel Anda saat pertama kali membeli. Saat Anda melakukan pengisian daya, sebaiknya menggunakan charger asli dari pabrik karena charger asli kerjanya lebih optimal.

Batasi Penggunaan Powerbank

Bagi Anda yang suka bepergian atau travelling, biasanya powerbank adalah barang penting yang juga tidak boleh ketinggalan. Kerap kali selama perjalanan jauh sulit untuk menemukan stop kontak sehingga memilih powerbank sebagai alternatif untuk mengisi daya ponsel.

Perlu Anda ketahui, sering menggunakan powerbank akan membuat ponsel Anda cepat drop dan berpontensi mengurangi usia baterai.

Matikan Ponsel Saat Isi Daya

Anda memiliki kebiasaan main ponsel sambil mengecas, ini akan memperburuk kondisi baterai ponsel Anda. Sebaiknya jika Anda sedang melakukan pengisian daya untuk mematikan ponsel Anda.

Rewriter : Lisa Mana L
Sumber: liputan6.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar