oleh

5 Cara Ampuh Atasi Mata Kering yang Perlu Diketahui

PortalMadura.Com – Gangguan yang sering terjadi saat berada dalam ruangan dingin ber-AC yaitu mata kering. Apalagi kalau terpapar sinar matahari berlebihan. Oleh karena itu, disaat di tempat-tempat seperti itu lebih baik menggunakan pelindung.

Karena saat mata kering akan memicu gangguan lainnya. Agar mata lebih sehat, lakukan beberapa cara ini untuk menghindari mata kering. Apa saja?.

Ini daftarnya:

Jauhkan Angin AC Langsung Mengarah ke Mata
Angin dari AC jangan langsung dihadapkan ke bagian mata. Sebab, banyak kuman dan bakteri yang menyebar di ruangan Anda. Selain itu, angin dari pendingin ruangan bisa membuat mata kering. Hal ini tentu dampaknya membuat Anda sering mengucek mata, karena tujuan lebih nyaman.

Pakai Kacamata Saat Keluar Rumah
Kacamata fungsinya dapat melindungi mata secara utuh. Anda disarankan untuk menggunakan kacamata berlensa gelap supaya melindungi paparan sinar ultraviolet. Bila mata Anda terpapar sinar matahari terus-menerus, dampaknya bisa membuat kelainan termasuk gangguan refraksi mata, katarak, glaukoma di masa mendatang.

Pakai Artificial Tears
Menggunakan obat tetes mata diperbolehkan, tetapi jenisnya harus aman. Seperti penggunaan artificial tears atau air mata buatan. Hal ini sangat bermanfaat untuk orang yang sering beraktivitas di luar ruangan. Saat ingin mencuci mata, hindari penggunaan air biasa, karena dampaknya bisa perih atau malah bikin mata tambah kering.

Jangan Gunakan Make-up Berlebihan
Make-up bisa mempercantik wajah Anda, namun dampaknya tidak baik untuk kesehatan mata. Salah satu efek terburuknya yakni bisa menyebabkan mata kering. Hal itu karena Anda menggunakan eye shadow yang tidak aman atau eyeliner yang menempel lama di bagian mata. Karena itu, batasi penggunaan make-up dalam waktu yang lama, karena tidak sehat untuk mata.

Diet Seimbang
Menjaga kesehatan mata bisa dimulai dengan diet seimbang. Perbanyak makan sumber vitamin A dan antioksidan. Seperti wortel, apel, tomat, sayuran hijau dan buah-buahan lainnya. Dalam sehari, sertakan makanan itu ke dalam piring Anda, terutama saat menyantap sarapan, makan siang dan makan malam. (okezone.com/Desy)


Komentar