5 Cara Ampuh Bikin Internet Makin Hemat, Apa Saja?

Avatar of PortalMadura.com
5 Cara Ampuh Bikin Internet Makin Hemat, Apa Saja?
Ilustrasi (duniaandroid.com)

PortalMadura.Com – Apakah keseharian Anda tidak bisa lepas dari gadget atau media sosial?. Kerjaannya hanya scroll atas sampai bawah, swipe kanan sampai kiri dan berselancar di berbagai aplikasi yang ada di play store?, Jika iya, tentu Anda harus memiliki sejumlah paket data yang tidak sedikit.

Sebab, berlama-lama bermain di dunia digital itu membutuhkan kuota internet yang lumayan banyak pula. Uang yang dikeluarkan untuk membeli paket pun cukup menguras isi dompet. Lantas, bagaimana jika ingin internetan tapi tetap hemat?.

Nah, kalau gitu, coba Anda simak tips menghemat kuota internet yang bisa diterapkan sebagaimana dilansir PortalMadura.Com, Jumat (27/5/2022) dari laman Liputan6.com:

Matikan Kuota Internet di Aplikasi

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk menghemat kuota internet dengan mematikan kuota internet pada aplikasi yang terpakai. Cara ini bisa dibilang ampuh untuk mengurangi konsumsi kuota internet Anda.

Cek Aplikasi yang Boros Kuota

Sebagai pengguna smartphone yang bijak, ada baiknya Anda perhatikan deh aplikasi mana yang memakan banyak kuota internet. Hal ini, untuk antisipasi penggunaan kuota berlebih yang bisa menjadi penyebab boros kuota internet setiap bulannya ya.

Stop Pembaruan Otomatis pada Smartphone

Ada saatnya smartphone Anda meminta untuk melakukan pembaruan perangkat atau aplikasi. Ini bisa jadi salah satu penyebab dari borosnya penggunaan kuota internet di smartphone Anda.

Nah, mulai sekarang, coba ganti fitur pembaruan ini menjadi manual, biar Anda bisa melakukan pembaruan sesuai dengan selera Anda. Atau kalau Anda nggak mau lupa, coba diganti aja dengan mode perbarui dengan jaringan wifi. Dengan begitu, pembaruan akan diproses saat smartphone Anda tersambung dengan jaringan wifi.

Batasi Penggunaan Kuota Internet

Beberapa smartphone yang tersebar di pasaran, sudah mendapatkan fitur bawaan yang dapat membatasi penggunaan kuota internet di smartphone Anda. Nah, Anda bisa mengaktifkan fitur ini, sehingga saat kuota hampir melebihi batas penggunaan, Anda diberi peringatan secara otomatis. Kalau smartphone Anda tidak support fitur ini, Anda bisa unduh di Play Store aplikasinya.

Kurang-kurangin Streaming Video

Biasanya, buat ngilangin rasa bosan saat gabut, seringkali Anda memilih untuk nonton film atau video. Kalau Anda tonton itu secara offline atau tersambung ke jaringan wifi sih tidak masalah.

Namun, apa jadinya kalau Anda nonton secara streaming pakai kuota internet? Pastilah boros. Anda bisa siasati itu dengan unduh dulu film atau video yang Anda mau tonton dengan jaringan wifi, terus simpan di smartphone Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.