5 Cara Berhenti Makan Berlebihan

Avatar of PortalMadura.com
5 Cara Berhenti Makan Berlebihan
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Kebiasaan tidak baik untuk kesehatan. Salah satu dampaknya yaitu kenaikan berat badan yang berisiko timbulnya berbagai macam penyakit.

Selain itu, terlalu banyak makan makanan siap saji juga akan menjadi masalah serius bagi kesehatan. Lantas bagaimana cara untuk berhenti dari kebiasaan makan berlebihan? Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com, Selasa (17/12/2019) dari laman okezone.com yang dikutip dari Healthline.

Berikut penjelasannya:

Mengubah Pola Pikir

Salah satu kesalahan yang sering dilakukan orang ketika ingin diet sehat yaitu menghilangkan makanan tidak sehat dari daftar diet. Sejujurnya, pendekatan seperti itu sama sekali tidak akan membuat seseorang berhasil beralih ke diet sehat karena sering tidak berkelanjutan.

Ahli gizi, Mckel Hill percaya bahwa mencoba menerapkan pola makan yang seimbang yaitu solusi terbaik. Tidak perlu menghindari makanan favorit yang mungkin kurang sehat.

Jika makaroni dan keju merupakan makanan favorit Anda, berikan sentuhan sehat caranya mengganti keju dengan saus keju mete untuk mengurangi lemak jenuh. Ganti mentega dengan minyak zaitun atau rumput laut.

Terapkan hal itu hari demi hari dan tetapkan target realistis yang bisa dicapai. Mungkin bisa memulai dengan sarapan sehat atau mencobanya satu kali dalam seminggu. Melalui cara ini Anda dapat mengukur kemajuan setiap hari hingga benar-benar berhasil menghilangkan kebiasaan makan berlebihan.

Isi Makanan Kaya Serat

Ada sejumlah alasan mengapa Anda tidak pernah merasa puas atau kenyang setelah mengonsumsi makanan manis dan berlemak dengan kalori kosong. Makanan-makanan tersebut kurang serat dan protein. Karena makanan kaya serat dan protein akan membuat kadar gula darah Anda stabil dan mengurangi rasa lapar.

Ketika Anda mengonsumsi makanan kaya serat, seperti sayuran, buah-buahan, biji-bijian, kacang-kacangan dan protein nabati lainnya, maka perut akan terisi dengan cepat serta tetap kenyang lebih lama.

Merencanakan Pola Makan

Ahli gizi McKel Hill memberikan saran untuk merencanakan pola makan dengan membuat daftar hidangan yang ingin Anda konsumsi selama seminggu. Tulis daftar belanja makanan dan bahan-bahan yang Anda butuhkan.

Membuat daftar belanja akan menghindari kebiasaan berkeliaran tanpa tujuan di toko yang dapat menggoda Anda membeli makanan tidak sehat yang tak perlu dibeli.

Baca Juga: Mengapa Harus Berhenti Makan Sebelum Kenyang? Ini Jawaban dalam Islam

Menulis di Buku Catatan

Menulis buku catatan merupakan cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan stres, menetapkan tujuan hingga menciptakan kesadaran. Jadikan buku catatan sebagai kesempatan untuk mengutarakan perasaan saat makanan tidak sehat mulai menggoda kembali.

Tulis juga langkah kecil apa yang Anda ambil setiap hari dan tantangan dalam rangka tobat dari kebiasaan makan berlebihan. Cara ini membuat Anda akan menyadari apa yang memicu kalap makan dan mencegahnya.

Berolahraga

Nutrisi dan kebugaran berjalan beriringan. Anda tidak dapat memiliki kesehatan yang baik tanpa keduanya, itulah sebabnya memasukkan olahraga ke dalam rutinitas sangat penting.

Ketika terjebak dalam pola makan berlebihan, metabolisme Anda melambat dan tubuh tidak dapat menggunakan energi secara efisien karena mengonsumsi lebih banyak kalori daripada yang digunakan. Berolahraga dapat meningkatkan metabolisme tidak hanya untuk membakar kalori, tetapi juga melatih tubuh menggunakan karbohidrat secara efisien dan menggunakan lemak sebagai bahan bakar.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.