5 Cara Bersikap Tegas Tanpa Jadi Orang yang Menyebalkan

Avatar of PortalMadura.com
5 Cara Bersikap Tegas Tanpa Jadi Orang yang Menyebalkan
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Sikap menghargai perlu dilakukan seseorang terhadap orang lain. Karena dengan begitu akan terjalin keharmonisan antar sesama. Jika ada seseorang yang bersikap tidak menghargai salah satu cara menghadapinya yaitu .

Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com, Senin (7/10/2019) dari laman okezone.com yang dikutip dari Yourtango. Berikut tanpa melukai perasaan orang lain:

Jelaskan

Bertindak tegas kepada diri sendiri adalah tindakan yang membuat posisi Anda jelas bagi orang lain. Jika Anda ingin didengar dan dipahami, sehingga tidak ada yang berpikiran bahwa mereka tahu atau mengerti apa yang ingin dibicarakan.

Maka, untuk menegaskan diri Anda secara positif, maka mulailah berkomitmen untuk berbicara terhadap diri sendiri. Berhati-hatilah dan selalu berpikir jernih tentang tujuan yang ingin diutarakan. Jika Anda berbagi kebutuhan dan batasan, lalu mengharapkan pertanyaan atau menahan dari pihak lain.

Maka cukup dengarkan, jika Anda mendengarkan mereka bukan berarti Anda harus mengabaikan batasan. Jika itu semua tidak berhasil, maka lakukanlah komunikasi yang hanya menekankan pandangan dan kebutuhan Anda sendiri.

Jaga Komunikasi

Jika Anda ingin mempertahankan hubungan relasi. Maka, jalinlah komunikasi yang membuat upaya untuk menyatakan diri sendiri dan fokuslah untuk saat ini. Bersikap tenang, santai, dan berbicara dengan nada halus untuk terhubung dengan baik.

Baca Juga: Hindari Tanda Amal, Minibus Rombongan Penganten Tabrak Dua Pemotor 

Kurangi Mengeluh

Menjadi pemecah masalah daripada sekadar mengeluh menjadi cara yang paling efektif untuk mencapai rasa hormat. Lakukanlah penyelesaian untuk konflik atau masalah yang ingin Anda atasi. Anda harus melihat orang-orang yang mungkin telah memutuskan hubungan sebagai teman. Maka lakukanlah dengan tegas tanpa memelas atau bermusuhan.

Berani Bukan Menggertak

Tujuan Anda yaitu untuk menghormati diri sendiri dan keinginan untuk memiliki kepribadian yang perlu dihormati. Penghargaan merupakan kunci hubungan yang sehat. Maka cukup dengan bicara dan sampaikan kekhawatiran sesuai kebutuhan, kapan pun merasa harus melakukannya. Maka biarkan orang lain tahu bahwa Anda akan mendengarkan mereka juga.

Berlatih

Lihatlah ahasa tubuh Anda didepan cermin atau dengan orang-orang terkasih dan terpercaya. Rekam diri sendiri untuk melihat bagaimana orang lain memandang Anda. Bersikap tegas keterampilan yang membutuhkan waktu dan pengulangan untuk menjadi nyaman. Sehingga pada waktu yang tepat, Anda akan mendapatkan lebih banyak kepercayaan.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.