oleh

5 Cara Buat Video TikTok Bagi Para Pemula

PortalMadura.Com – Aplikasi video pendek yang sekarang lagi populer di kalangan milenial salah satunya yaitu TikTok. Tidak hanya di Indonesia, di beberapa negara lainnya juga banyak yang membuat video yang berdurasi pendek tersebut.

Isi di dalamnya memang kocak, tidak heran jika banyak orang menyukai aplikasi ini. Bahkan, para artis pun juga ikut nimbrung mengunggah video TikTok-nya ke platform media sosial lain, termasuk Instagram.

Nah, apakah Anda ingin mencoba membuat video TikTok tapi tidak tahu bagaimana caranya?. Tidak perlu khawatir, caranya mudah. Yuk ikuti petunjuk berikut ini serperti dilansir PortalMadura.Com, Senin (27/1/2020) dari laman Liputan6.com:

Unduh dan Daftar Akun

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan yaitu dengan mengunduh TikTok di App Store kalau pengguna iPhone dan di Google Play Store kalau Anda pengguna Android. Setelah itu, Anda bisa daftar untuk membuat akunnya.

Pastikan Anda sudah ada ide ingin buat konten seperti apa, supaya enggak bingung dan bisa langsung pilih musiknya nanti. Bagi Anda yang bingung, Anda bisa cari referensi di Instagram, Youtube atau di discover TikTok.

Baca Juga : Kebakaran Toko Kelontong, Bunyi Ledakan Terdengar Keras di Desa Juruan Laok, Sumenep

Selanjutnya, klik ikon dengan tanda (+) untuk membuat video baru yang Anda inginkan. Ikon ini ada di bagian bawah layar dan tepat di tengah-tengah.

Pilih Musiknya

Sudah tahu mau bikin konten seperti apa?. Selanjutnya adalah pemilihan musik. Kalau ini kali pertama Anda menggunakan TikTok akan ada ‘permissions‘ untuk mengakses mikrofon.

Pilih musik yang sesuai dengan ide Anda dari perpustakaan bawaan TikTok. Anda bisa mendengar cuplikan musik untuk memastikan.

Buat Video

Kalau sudah ada pilihan musik yang sesuai keinginan, Anda bisa langsung membuat videonya. Arahkan kamera ke subjek atau ke objek apapun yang mau Anda rekam dengan menekan dan tahan lingkaran merah di bagian bawah tengah layar.

Edit Video

Setelah Anda membuat videonya, Anda bisa langsung edit seperti yang Anda mau. Misalnya, Anda bisa mengganti musik, kasih stiker, dan tambahan teks sesuai selera Anda. Kalau sudah, ada juga opsi untuk kasih effects, timer, speed control dan lain-lain.

Interaksi

Langkah terakhir, jangan lupa beri judul untuk video Anda dan hashtag agar video Anda bisa terjangkau oleh orang banyak. Siapa tahu hasil video yang Anda buat bisa terkenal atau viral di sosial media.

Itulah cara membuat video TikTok bagi pemula. Bagaimana, mudah bukan?. Selamat mencoba.

Rewriter : Putri Kuzaifah
Sumber : Liputan6.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

portalmadura.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE