5 Cara Cerdas Agar Dapur Selalu Bersih dan Higienis

5 Cara Cerdas Agar Dapur Selalu Bersih dan Higienis
Cara membersihkan dapur
    Bagikan:

PortalMadura.Com – Salah satu bagian rumah yang biasanya membuat sebagian istri atau ibu rumah tangga betah berlama-lama yaitu dapur. Di tempat ini, banyak yang bisa dilakukan seorang ibu atau istri. Seperti memasak, makan bersama keluarga atau sekadar bersantai.

Namun, tentunya Anda harus menjaga kebersihannya agar saat berada di dapur merasa nyaman. Selain itu, berbagai peralatan untuk memasak tetap harus bersih karena akan berhubungan dengan kesehatan keluarga.

Nah, untuk mendapatkan dapur yang bersih, ikuti beberapa cara praktis ini:

Cuci Peralatan Masak dengan Sabun
Setelah masak, pasti peralatan jadi kotor, penuh lemak atau malah menghitam. Pasti kalau mau awet jangan lupa bersihkan sendiri. Pakailah sabun cuci khusus peralatan masak yang aman. Setelah dicuci, keringkan dengan baik supaya tidak malah karatan.

Lap Peralatan Masak Stainless Steel dengan Spons Lembut Basah
“Kalau punya peralatan masak stainless steel, cukup lap dengan spons lembut yang basah, usai dipakai untuk memasak,” ujar Chef Marx di Booth Neolith Jakarta Pusat, beberapa waktu lalu.

Setelah itu, merawatnya pun harus apik karena harus disimpan di lemari kering dan bebas kuman. Biasanya kalau Anda merawatnya baik, peralatan masak yang Anda punyai awet sampai belasan tahun lho!

Simpan dan Rapikan Peralatan Masak Kesayangan
Setiap kaum hawa pasti punya peralatan masak kesayangan. Merawatnya harus benar, begitu juga dengan menyimpannya. Setelah dibersihkan dengan dicuci atau dilap, Anda bisa mengeringkan dengan kain kering. Barulah Anda bisa menyimpan rapi di rak dapur khusus untuk wajan atau panci.

Lap Meja Dapur dengan Tisu Basah atau Sanitizer
“Biar praktis, membersihkan meja dapur keramik bisa pakai tisu basah atau sanitizer,” tambah dia.

Lap sampai bersih dan tidak menyisakan cipratan minyak. Bersihkan seluruhnya, termasuk bagian kompor setelah dipakai untuk memasak.

Jangan Sisakan Sampah di Dapur
Kebiasaan yang hampir dilakukan semua perempuan yaitu menyimpan sampah bekas bahan masakan di area sekitar dapur. Padahal itu tidak dianjurkan karena bisa memicu bakteri dan kuman yang bisa bikin benda-benda bersih terkontaminasi. Sebaiknya, langsung buang sampah itu di luar rumah, yang pastinya Anda sudah menyediakan tong sampah. (okezone.com/Desy)


Ikuti Berita Kami Lainya di Google Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.