5 Cara Cerdas Ajarkan Si Kecil Punya Rasa Tanggung Jawab

Avatar of PortalMadura.com
5 Cara Cerdas Ajarkan Si Kecil Punya Rasa Tanggung Jawab
ilustrasi

PortalMadura.Com – Setiap orang tua pasti menginginkan buah hatinya selalu memiliki rasa . Sikap ini perlu orang tua tanamkan pada si kecil sedini mungkin. Hal ini bertujuan agar anak kelak menjadi pribadi yang baik.

Mengajarkan tanggung jawab pada buah hati Anda memang bukan perkara mudah. Untuk itu, Anda perlu lebih telaten memberi pengertian dan contoh-contoh tanggung jawab itu sendiri kepada si kecil.

Nah, berikut ini lima cara yang bisa Anda lakukan untuk mengajarkan tanggung jawab pada si kecil:

Selalu Ajarkan Tanggung Jawab Sejak Kecil
Saat ingin mengajarkan pada si kecil, tentunya Anda harus selalu mengajarkannya sejak balita. Jangan hanya menunggunya saat besar nanti. Dengan dilatih bertanggung jawab maka anak bisa memiliki rasa peduli yang besar.

Baca: Moms, Ajarkan Tanggung Jawab Pada Anak dengan 7 Cara Ini

Ajaklah Mereka untuk Membantu Pekerjaan Rumah
Anda pastinya berat bukan jika membereskan rumah sendirian?. Maka dari itu cobalah untuk mengajak si kecil untuk membantu, meskipun terkadang mereka merasa malas. Anda bisa mengajarkan kepada mereka kerja sama tim. Tentunya hal ini bisa menjadi kesempatan untuk bisa mengajarinya lebih awal agar anak bisa menjadi orang yang bertanggung jawab nantinya.

Latihlah dengan Hal yang Dekat Dengannya
Hal mudah yang bisa Anda lakukan adalah memberikannya tugas kecil seperti saat anak ingin makan, maka si kecil bisa mengambil makanan dan mencuci piringnya setelah selesai makan. Selain itu, saat buah hati Anda selesai pulang sekolah dan berganti baju, bimbinglah untuk menaruh pakaian kotornya pada mesin cuci. Tentunya semakin anak dewasa nantinya mereka akan lebih terbiasa dengan tugas-tugas kecil ini.

Hargai Proses yang Mereka Lakukan
Anak kecil pastinya akan suka bergabung dengan orang lain. Biasanya mereka lebih suka membantu karena anak akan merasa bermain daripada bekerja. Jadi selalu usahakan setelah si kecil selesai mengerjakan kewajibannya, maka berilah sebuah pujian agar anak merasa dihargai.

Hindari Memberikan Hadiah
Belajar bertanggung jawab bukan berarti anak selalu diberikan hadiah. Jangan biarkan kebiasaan ini hanya akan membuatnya mau melakukan sesuatu hanya karena ada imbalan.

Jika Anda memberikannya hadiah, yang ada anak akan melakukan tanggung jawab yang dibayar. Bila Anda tetap ingin memberinya hadiah, maka Anda bisa memberikannya selain di luar kewajibannya dalam bertanggung jawab.

Mengajarkan anak rasa tanggung jawab memang susah-suah gampang, namun Anda jangan berharap banyak karena anak masih kecil dan bisa semakin dilatih seiring bertambahnya usia. Selalu rutin lakukan lima cara di atas ya, Bunda! (vemale.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.